Cara Gampang Membuat Klepon isi gula merah Anti Gagal

Jeffery Powell   06/09/2020 13:58

Klepon isi gula merah
Klepon isi gula merah

Lagi mencari ide resep klepon isi gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon isi gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon isi gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan klepon isi gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah - Kue klepon merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar khas dari Indonesia. Klepon ini termasuk dalam golongan kategori kue basah yang banyak digemari. Lihat juga resep Klepon singkong gula merah enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat klepon isi gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Klepon isi gula merah menggunakan 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Klepon isi gula merah:
  1. Siapkan Bahan 1 :
  2. Gunakan 500 gr tepung ketan putih
  3. Ambil 100 gr tepung beras
  4. Gunakan 2 sdm air kapur sirih
  5. Siapkan 550 ml air perasan daun pandan yg diparut/blender kasar
  6. Sediakan Bahan 2 :
  7. Ambil 250 gr gula merah (disisir)
  8. Siapkan Bahan 3 :
  9. Ambil 1/2 biji kelapa muda parut
  10. Siapkan 1/2 sdt garam
  11. Siapkan Bahan 4 :
  12. Siapkan 2 liter air untuk merebus

Mulai dari yang bercita rasa manis, asin, dan pedas. Kali ini, mari membuat kue klepon isi gula merah. Begitu digigit, gula merahnya lumer di lidah dan menciptakan cita rasa manis nikmat. TV - Klepon adalah adalah salah satu kue favorit masyarakat Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon isi gula merah:
  1. Kukus bahan 3 sekitar 10 menit. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan 1 dan aduk rata sampai adonan tidak lengket dan bisa dibentuk. Sisihkan.
  3. Rebus air (bahan 4) sampai mendidih. Biarkan api tetap menyala sedang.
  4. Sisir gula merah (bahan 2)
  5. Ambil adonan bahan 1 bentuk bulat seperti klepon kemudian pipihkan di telapak tangan lalu isi dengan gula merah. Tutup dan bulatkan kembali lalu segera masukkan ke dalam panci air mendidih agar klepon tidak pecah krn kelamaan menggiling. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Klepon yang sudah matang akan mengembang di permukaan air. Sembari menggiling adonan kalau ada klepon yg sdh mengembang sambil d angkat dgn menggunakan saringan teh. Kemudian baluri dengan kelapa parut (bahan 3)
  7. Lakukan sampai semua klepon matang dan sajikan di piring saji. Klepon siap dinikmati.

Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini biasanya berwarna hijau dan berisi gula merah. Kue klepon berbentuk bulat serta bertekstur lembut dan kenyal. Klepon disajikan dengan taburan parutan kelapa. Penjual klepon keliling biasanya juga menjual kue putu yang berbahan dasar sama. Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Klepon isi gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved