Cara Gampang Membuat Klepon Ubi Ungu Anti Gagal

Edith Carr   06/12/2020 17:24

Klepon Ubi Ungu
Klepon Ubi Ungu

Lagi mencari inspirasi resep klepon ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ubi ungu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon ubi ungu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan klepon ubi ungu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal - Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Klepon Ubi Ungu memakai 7 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Klepon Ubi Ungu:
  1. Ambil 175 gr ubi ungu
  2. Sediakan 100 gr tapioka
  3. Gunakan 50 ml santan
  4. Sediakan 80 gr gula jawa / aren
  5. Gunakan secukupnya Garam
  6. Siapkan 100 gr kelapa parut
  7. Ambil 3 buah daun pandan

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu. Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa.

Cara membuat Klepon Ubi Ungu:
  1. Kukus ubi ungu, sampai matang
  2. Kukus parutan kelapa campur dengan garam dan daun pandan. (klo.aku karena kelapa sudah ada garamnya, jadi untuk.adonan ubinya ndak tak.kasih garam)
  3. Haluskan ubi ungu, campur dengan santan (di blender biar lebih halus)
  4. Campurkan ubi yang sudah halus tadi dengan tapioka, dan uleni hingga kalis, tidak lengket d tangan
  5. Bagi Adonan masing masing jadi 8 gr
  6. Pipihkan adonan, lalu beri isian gula merah / aren, kemudian bentuk bulat seperti kelereng
  7. Didihkan air masukkan 2 lembar daun pandan
  8. Rebus bola.bola ubi tadi sampai mengapung dan angkat tiriskan
  9. Balurkan bola bola ubi ke kelapa parut yang sudah di kukus terlebih dahulu, dan siap di sajikan

Klepon ubi ungu gula merah. ubi ungu, tepung ketan, tepung tapioka, santan hangat, Gula merah, (kelapa parut + sejumput garam) Siti Aisyah. Beli skilo aja buat klepon ini tp ga dipke semua. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin Selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memuliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan klepon ubi ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved