Langkah Mudah untuk Membuat Klepon ubi ungu Anti Gagal

Bernice Knight   05/08/2020 06:02

Klepon ubi ungu
Klepon ubi ungu

Anda sedang mencari inspirasi resep klepon ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ubi ungu yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan klepon ubi ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal - Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan klepon ubi ungu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Klepon ubi ungu menggunakan 6 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Klepon ubi ungu:
  1. Siapkan 200 gram ubi ungu
  2. Siapkan 150 gram tepung ketan
  3. Sediakan secukupnya Air
  4. Ambil Kelapa stengah tua parut
  5. Gunakan Garam secukpnya
  6. Ambil Gula merah/aren

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu. Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon ubi ungu:
  1. Campur klapa parut dengan garam kemudian kukus dan sisihkan
  2. Gula aren diserut atau dpotong kotak kecil
  3. Kukus ubi ungu dinginkan dan haluskan
  4. Campurkan tepung ketan dan ubi ungu tmbahkan air sckupnya uleni smpai kalis dan bisa dibentuk
  5. Ambil adonan ubi ungu sckupnya isi ptongan gula merah lakukan smpai adonan habis
  6. Masakkan air smpai mndidih dan masukkan adonan ubi yg sdah diisi gula merah tnggu smua mengapung tandanya klepon sdh matang
  7. Angkat dan triskan
  8. Masukkan dalam kelapa yg sdh dkukus guling smpai klepon berbalur kelpa
  9. Siap untuk dihidangkan

Resep Kue Klepon Ubi Ungu Enak dan Kenyal. Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya. Klepon ubi ungu gula merah. ubi ungu, tepung ketan, tepung tapioka, santan hangat, Gula merah, (kelapa parut + sejumput garam) Siti Aisyah. Beli skilo aja buat klepon ini tp ga dipke semua.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Klepon ubi ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved