Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cenil klepon yang Bikin Ngiler

Johnny Robinson   24/07/2020 06:54

Cenil klepon
Cenil klepon

Anda sedang mencari inspirasi resep cenil klepon yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cenil klepon yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Dua jajanan ini orang pasti SERINGGG banget ketemu di pasar tradisional, dan cara buatnya gampang banget. Bagi yang ingin mencoba dari masing-masing rasa aneka jajanan yang di jual disini, pembeli cukup memesan "campur" maka semua ke delapan jenis jajanan pasar. Hari ini saya menikmati klepon, cenil dan lopis bikinan Mbok Jum, Kalasan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cenil klepon, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cenil klepon yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cenil klepon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cenil klepon menggunakan 4 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cenil klepon:
  1. Sediakan 1 kg tepung tapioka
  2. Gunakan 5 sendok tepung terigu
  3. Siapkan Pewarna makanan hijau dan merah
  4. Ambil Gula merah

Hanya saja kalau Klepon bentuknya bulat, kalau Cenil ini bentuknya agak lonjong. Bagian luarnya juga sama-sama ditaburi parutan kelapa. Selain itu Cenil di dalamnya tidak ada gula jawanya, cara penyajiannya menggunakan gula jawa yang sudah dicarikan dan ditaburi dengan gula tersebut. Cenil adalah makanan khas Kediri yang hampir sama dengan klepon.

Langkah-langkah menyiapkan Cenil klepon:
  1. Buat adonan hingga kalis
  2. Lalu masukkan di air mendidih dan tiriskan

Cenil ini mempunyai aneka ragam bentuk seperti persegi panjang, kotak persegi, ataupun bulat. Selain itu, cenil atau cetil juga mempunyai banyak warna yang dihasilkan dari pewarna makanan. Kue cenil dibuat dari bahan dasar pati ketela pohon yang kemudian dibentuk sesuai. Banyak yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Jawa Tengah karena sering disajikan bersama getuk dan cenil. Klepon biasanya dijadikan sarapan oleh masyarakat Indonesia karena bahan dasarnya tepung sehingga mengandung karbohidrat yang tinggi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cenil klepon yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved