Resep Klepon Ketan Tanpa Kapur, Enak

Peter Carpenter   15/07/2020 21:01

Klepon Ketan Tanpa Kapur
Klepon Ketan Tanpa Kapur

Anda sedang mencari ide resep klepon ketan tanpa kapur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ketan tanpa kapur yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan tanpa kapur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan klepon ketan tanpa kapur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

tiba-tiba pingin klepon. mending buat sendiri. aku sudah pernah buat yang pakai kapur sirih. sekarang pingin nyoba yang gak pakai kapur sirih, dan ada sedikit tepung beras. aku ambil resepnya didapur vina.blog.spot. makasih mbak vina resepnya. menurutku lebih enak gak pakai kapur sirih dan diberi sedikit tepung beras. lebih kenyal, tapi sedikit lebih lumer dimulut. Resep Klepon Ketan Tanpa Kapur Sirih Resep Klepon Ketan - Jajanan tradisional nampaknya selalu menjadi idaman bagi sebagian besar orang. Jajanan tradisional memang memiliki rasa tersendiri yang sangat khas dan sangat susah untuk dilupakan oleh sebagian besar orang dan Salah satunya yang saat ini masih banyak disukai dan masih mudah untuk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan klepon ketan tanpa kapur sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Klepon Ketan Tanpa Kapur memakai 5 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Klepon Ketan Tanpa Kapur:
  1. Gunakan 10 SDM tepung ketan putih
  2. Siapkan 2 SDM tepung beras
  3. Siapkan 1 helai daun pandan, jangan ditiru, kasi yg banyak aja. 😂
  4. Sediakan secukupnya Air
  5. Ambil Kelapa parut, aku beli 1 bungkus d tukang sayur

Klepon adalah salah satu jajanan pasar tradisional asal Indonesia. Klepon biasa disajikan dengan taburan kelapa yang diparut sehinga cita rasanya lebih gurih dengan perpaduan rasa manis. Di antara berbagai macam variasinya tersebut, kreasi cara membuat klepon yang mudah dan praktis tanpa kapur sirih juga dapat menjadi pilihan kudapan sederhana yang enak, tentunya dengan aneka isian yang bisa disesuaikan menurut selera. Tidak seperti resep yang telah diposting terdahulu, resep bikin klepon tepung ketan kali ini adalah tanpa kapur sirih dimana air kapur sirih biasa digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih kenyal dan padat serta juga tanpa daun pandan suji sebagai pewarna alami sehingga bisa diganti dengan pasta pandan.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon Ketan Tanpa Kapur:
  1. Kukus kelapa parut, supaya ga gampang basi. Ini aku tim malah, hahahaha. Maap, males make kukusan gede gitu cuma buat ngukus segini mah. 😂
  2. Campur tepung ketan dan tepung beras. Pokonya perbandingan 5:1 jadi kalo mau 5 sdm tp. Ketan, tp. Beras nya 1 sdm aja. Kalo mau bikin banyak ya bisa 15:3, 20:4, dst.
  3. Blender daun pandan dan air, saring. Ini kurang banyak kayanya daun pandannya, alhasil warna adonannya ga ijo. 🤣 Pohon pandanku Masi kecil, kasian kalo dicabut banyak2. 🤧
  4. Tambahkan air daun pandan ke tepung, aduk2 sampai kaya gini. Jangan terlalu lembek, jangan terlalu kering. Pokonya sampai bisa dibentuk gitu kaya playdoh. 😆 PS : ini kukasi pewarna makanan di akhir, trus ulen lagi sampai rata. 😅
  5. Cacah gula merahnya. Ini Aku geprek2 pake cobek. 😅
  6. Ambil sebagian adonan, masukkan gula merah, bulat2kan. Moon Maap ini ga difoto step by step, baby numpahin beras jadi rempong banget. 🤧
  7. Rebus dengan air mendidih, pakai api kecil ya. Biar matang sampai ke dalam. Kalau sudah mengapung, Angkat, tiriskan.
  8. Penampakan sebelum di bedakin kelapa. Mirip pentol.
  9. Guling2kan di kelapa kukus. Ini ternyata aku ngasi isinya kurang banyak. Hahahaha. Masi 1st trial Masi takut2 bocor. Next time coba lagi bikin yg isinya banyak, n warna ijo pokonya. 😤
  10. Selamat mencoba. Jangan lupa berdoa sebelum masak dan makan. 🤗

Klepon isi gula merah siap disajikan. Klepon ketan isi gula merah tanpa kapur sirih ini saja sudah kenyal, buat Anda yang mau pakai kapur sirih silahkan. Setengah Buah Kelapa (jangan terlalu tua) dan parut. Cara Membuat Resep Klepon Ketan Enak. Campur dan endapkan seprempat sendok kapur sirih dan air nya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Klepon Ketan Tanpa Kapur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved