Bagaimana Menyiapkan Kelepon jawa Anti Gagal

Hulda Alexander   13/10/2020 04:48

Kelepon jawa
Kelepon jawa

Lagi mencari ide resep kelepon jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kelepon jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kelepon jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kelepon jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Klepon (pronounced Klē-pon), or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. The sweet glutinous rice balls is one of popular Indonesian kue, and it is commonly found in Indonesia, Malaysia, Brunei and Singapore. Baca juga: Resep Klepon Ubi, Sederhana dan Bisa untuk Dijual.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kelepon jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kelepon jawa memakai 6 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kelepon jawa:
  1. Ambil 6 sendok tepung ketan putih
  2. Ambil garam secipit
  3. Gunakan daun padan
  4. Gunakan kelapa muda atau tua jga bisa
  5. Siapkan perwarna makanan
  6. Sediakan gula jawa

Di Jawa, klepon terbagi atas dua bahan yakni ubi dan beras ketan. Selain itu, klepon juga lebih sering disebut onde-onde di Malaysia. Untuk klepon hijau dikenal dengan onde-onde gula Melaka sedangkan yang berbahan ubi disebut onde-onde buah Melaka. Menurut Ary, orang Melayu Malaysia merujuk klepon ubi berasal dari Riau.

Langkah-langkah membuat Kelepon jawa:
  1. Masukan garam secipit lalu d aduk sampek merata lalu tuang air panas yg sudah mendidih sencukup.nya jgan telalu encer bgt ya adonan.nya
  2. Lalu d uleni sampe kalis ya adon.nya klok sudah kalis bengini tingal d bagi jadi 2 tingal kasih perwarna kesukan kitaasing" ya lalu d ulnei lgi sampe warn.nya tercampur semua
  3. Lalu tingal d buat bola" bengini d dalem.nya d kasih gula jawa
  4. Masak air sampek mendidih.masukan kelpon kedalama air mendidih dan mengapung tandan.nya kelon sudah mateng sipa d sajikan. in.lalu kelpa yg sudah d parut jga d kukus dan daun pandan d kasih garam sedikit
  5. Dara in yg sudah matang

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur. Buat krim klepon dengan mencampurkan krim kocok, gula merah cair, dan kelapa kering. Masukkan kue yang sudah dipotong sesuai ukuran ke dalam stoples, olesi dengan gula merah cair.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kelepon jawa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved