Resep Klepon ubi hijau Anti Gagal

Francisco Hanson   27/10/2020 13:47

Klepon ubi hijau
Klepon ubi hijau

Sedang mencari inspirasi resep klepon ubi hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ubi hijau yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi hijau, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan klepon ubi hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Langsung eksekusi bikin klepon ubi karena kemarin berhasil dan rasanya nagihhhh. Alhasil bikin yg baru,,, Ini ubi nya pake yg warna putih. Anak saya yg bontot pengen banget makan klepon warna hijau.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan klepon ubi hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Klepon ubi hijau memakai 5 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Klepon ubi hijau:
  1. Ambil 60 gr tepung tapioka
  2. Ambil 180 gr ubi putih, kukus, lumatkan
  3. Sediakan 1/2 sdm tepung tapioka dan 58 ml air untuk biang
  4. Siapkan secukupnya Kelapa parut
  5. Sediakan secukupnya Gula merah sisir,

Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan. Jika anda ingin klepon berwarna hijau anda dapat menggunakan ubi putih atau ubi lainnya kemudian tambahkan air daun suji / pandan atau pewarna hijau saat mencampurkan ubi, tepung ketan dan air. Cukup Mudah dan sederhana bukan membuat klepon ubi, jajanan pasar yang tak kalah enak dari berbagai jenis kue kue.

Cara membuat Klepon ubi hijau:
  1. Kukus ubi dan kelapa parut beri garam sedikit di kelapa parut. Kukus ubi selama 10-15 menit, kelapa 3 menit.
  2. Lumatkan ubi. Campurkan dengan tepung tapioka dan biang.
  3. Tambahkan pewarna makanan warna hijau sekitar 4 tetes, aduk rata hingga kalis dan bisa dibentuk. Masukkan gula merah ke dalamnya satu per satu sampai adonan habis.
  4. Rebus klepon dalam air yg sudah diberi minyak sedikit dan daun pandan 2 helai.
  5. Setelah klepon mengambang, diamkan di air rebusan sekitar 3 menit agar gulanya bisa muncrat nanti waktu makan.

Jika biasanya klepon berwarna hijau, kita bisa mencoba membuat klepon berwarna ungu. Selain tampilannya unik, klepon ini memiliki warna yang alami karena didapatkan langsung dari ubi ungu. Rasanya pun pastinya akan berbeda karena ada sensasi ubi di dalamnya. Resep Klepon Ubi Ungu Isi Keju. Klepon biasanya dibuat dari bahan tepung, namun klepon kenyal yang satu ini berbahan dasar ubi lho.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan klepon ubi hijau yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved