Bagaimana Membuat Klepon singkong, Bikin Ngiler

Gary Summers   06/10/2020 19:00

Klepon singkong
Klepon singkong

Lagi mencari ide resep klepon singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon singkong yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan klepon singkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Klepon singkong merah putih enak lainnya. Lihat juga resep Klepon singkong gula merah enak lainnya. Lihat juga resep Ongol-ongol singkong / klepon singkong enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat klepon singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon singkong memakai 7 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Klepon singkong:
  1. Siapkan 1 buah singkong ukuran besar
  2. Gunakan 1/4 ons gula merah
  3. Ambil 1/2 butir kelapa parut
  4. Ambil 1 sdm mentega
  5. Ambil 3 sdm tepung ketan/tapioka
  6. Sediakan 3 sdm air
  7. Gunakan Secukupnya garam

Selain memiliki cita rasa gurih dan kenyal, klepon singkong juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Uleni singkong, tepung sagu, garam,.pewarna hijau tua, air suji dan air hangat sedikit-sedikit sampai rata. Ambil sedikit adonan. pipihkan. beri isi. bentuk bulat. Didihkan air. masukkan klepon. rebus sampai terapung. angkat dan tiriskan. gulingkan di bahan pelapis.

Langkah-langkah membuat Klepon singkong:
  1. Pertama kukus terlebih dahulu kelapa parut yg sudah diberi sedikit garam
  2. Parut singkong kemudian peras airnya dan iris-iris gula merah
  3. Singkong yg telah diparut masukan 1sdm mentega dan sejumput garam kemudian diaduk hingga tercampur rata
  4. Masukan 3 sdm tepung ketan dan 3sdm air kemudian diaduk kembali
  5. Jika sudah tercampur semua bentuk bulat2 adonan dan beri irisan gula merah ditengah, setelah itu kukus adonan selama 15menit. Jangan lupa Beri alas daun pisang pada kukusan agar tidak lengket.
  6. Jika sudah matang segera taburin dengan kelapa dan klepon siap disantap.

Sajikan di cup kertas kecil dan dalam kotak mika plastik kecil. Kelepon adalah makanan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berikut cara membuat klepon singkong lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya. Klepon yang bahan intinya tepung ketan.kita padukan dengan singkong yang pastinya tidak mengurangi rasa asli dari klepon itu dan diberi berbagai warna sepert. Catatan bahan resep dan cara membuat Kue Klepon Singkong.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan klepon singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved