Resep Klepon ubi ungu yang Enak

Verna Mitchell   11/10/2020 22:25

Klepon ubi ungu
Klepon ubi ungu

Lagi mencari inspirasi resep klepon ubi ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ubi ungu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan klepon ubi ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal - Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat klepon ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Klepon ubi ungu memakai 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Klepon ubi ungu:
  1. Siapkan 1 buah ubi ungu kukus (berat 250 gram)
  2. Siapkan 200 gram tepung ketan putih
  3. Gunakan 100 gram gula aren sisir/potong kecil2
  4. Sediakan Sejumput garam
  5. Sediakan Sejumput fanili bubuk
  6. Siapkan 50 ml air matang(untuk adonan)
  7. Sediakan 1 mangkok kecil kelapa parut(kukus)
  8. Ambil 1 lt air (untuk merebus)
  9. Ambil 2 lembar daun pandan

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu. Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa.

Langkah-langkah membuat Klepon ubi ungu:
  1. Siapkan semua bahan,haluskan ubi yg telah di kukus kemudian tmbhkan tepung ketan putih,garam dan fanili
  2. Aduk hingga rata, beri air sdikit demi sdikit dan uleni hingga kalis,kemudian ambil secukupnya adonan, pipihkan lalu beri gula aren dan bentuk bulat
  3. Ulangi hingga adonan habis,kemudian rebus air dan daun pandan hingga mendidih lalu masukkan bulatan adonan ke dalam nya, aduk perlahan, masak hingga matang(Jika sudah mengapung tanda klepon sudh matang)
  4. Angkat dan tiriskan satu persatu atau bbrapa butir klepon lalu lngsung gulingkan ke parutan kelapa yg sudh di kukus dan di beri garam sblum nya(tujuan nya agar kelpon tdk saling menempel) Dan klepon siap di hidangkan
  5. Gula nya lumer…foto2 dlu ya..😊🙏

Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin Selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memuliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Klepon ubi ungu gula merah. ubi ungu, tepung ketan, tepung tapioka, santan hangat, Gula merah, (kelapa parut + sejumput garam) Siti Aisyah. Beli skilo aja buat klepon ini tp ga dipke semua. Cara Membuat Adonan Kue Klepon Ubi Ungu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan klepon ubi ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved