Bagaimana Membuat Klepon Ubi Ungu Anti Gagal

Ina Lawson   06/08/2020 16:06

Klepon Ubi Ungu
Klepon Ubi Ungu

Lagi mencari ide resep klepon ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ubi ungu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal - Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan klepon ubi ungu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan klepon ubi ungu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Klepon Ubi Ungu memakai 8 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Klepon Ubi Ungu:
  1. Ambil 100 gr kelapa parut
  2. Ambil 1/4 sdt garam (untuk kelapa)
  3. Ambil 100 gr ubi ungu rebus (berat matang)
  4. Siapkan 100 gr tepung ketan
  5. Gunakan 1/8 sdt garam
  6. Ambil 10 sdm santan kekentalan sedang
  7. Sediakan 80 gr gula aren/merah sisir
  8. Sediakan 1 daun pandan

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu. Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon Ubi Ungu:
  1. Campur ubi ungu yang sudah di rebus dan dihaluskandengan tepung ketan dan garam, aduk rata, tambahkan santan sedikit-sedikit hingga solidmudah dipulung.
  2. Ambil sedikit adonan isi dengan sisiran gula merah, bulatkan lagi.
  3. Sambil terus memulung, panaskan air dengan daun pandan, dan bila kira-kira jumlah cukup segera masukkan ke air tersebut, sambil terus memulung, hingga selesai.Angkat tiriskan. (Saya biasa sambil meniriskan sambil terus merebus bulatan kelpon, hal ini agar bulatan tidak kering bila dibiatkan di suhu udara ruangan)
  4. Di tempat atau kompor lain, kita bisa kukus kelapa parut dengan sedikit garam selama 5 menit saja, lalu letakkan bulatan klepon yang sudah ditiriskan ke parutan kelapa, gulingkan agar terlumuri semua.Siap disajikan.

Klepon ubi ungu gula merah. ubi ungu, tepung ketan, tepung tapioka, santan hangat, Gula merah, (kelapa parut + sejumput garam) Siti Aisyah. Beli skilo aja buat klepon ini tp ga dipke semua. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin Selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memuliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Klepon Ubi Ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved