Resep Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning) yang Menggugah Selera

Larry Elliott   06/09/2020 13:08

Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning)
Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning)

Sedang mencari ide resep onde onde paranggi (klepon labu kuning) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal onde onde paranggi (klepon labu kuning) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Spesial untuk challenge pertama kegiatan di #CookpadCommunity_Sumbar dengan tema #Basidoncek_MaulangMasak, saya recook (maulang masak) resep klepon labu kuning milik @Kas Mira. Klepon dalam bahasa Minang disebut Onde Onde, ada juga yang melafalkan 'ondeh ondeh'. Lihat juga resep Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning) enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari onde onde paranggi (klepon labu kuning), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan onde onde paranggi (klepon labu kuning) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah onde onde paranggi (klepon labu kuning) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning) menggunakan 11 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning):
  1. Siapkan 200 gr tepung ketan
  2. Siapkan 200 gr labu kuning kukus
  3. Sediakan 4 sdm santan kental, hangat
  4. Gunakan 1/2 sdt garam
  5. Siapkan 50 gr gula merah, sisir
  6. Gunakan 1 lembar daun pandan
  7. Siapkan Air buat merebus
  8. Ambil Balutan
  9. Sediakan 10 sdm kelapa parut
  10. Sediakan 1/2 sdt garam
  11. Sediakan 1 lembar daun pandan

Resep Klepon - Klepon adalah sejenis kue atau makanan tradisional yang sangat populer di kalangan jajanan pasar. Kue ini berbentuk bola-bola, terbuat dari tepung beras ketan dan berisikan gula merah. Klepon sangat disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan enak. Selain itu, kue klepon juga sering disajikan dengan berbagai kreasi resep klepon yang beraneka […] Masukkan kue yang sudah dipotong sesuai ukuran ke dalam stoples, olesi dengan gula merah cair.

Langkah-langkah menyiapkan Onde Onde Paranggi (Klepon Labu Kuning):
  1. Campur kelapa dan garam, kukus bersama pandan, sisihkan
  2. Sisir gula merah
  3. Kukus labu kuning, timbang 200 gr, haluskan
  4. Campur tepung, garam dan labu, aduk rata. Tambahkan santan, ulen rata
  5. Rebus air bersama selembar pandan sampai mendidih. Sambil menunggu air mendidih, bentuk adonan. Pipihkan 1 sdm adonan, isi dengan 1/4 sdt gula merah, tutup, bulatkan
  6. Rebus bulatan klepon sampai mengapung, tunggu beberapa saat sampai benar-benar matang
  7. Setelah benar-benar matang, angkat dan segera gulingkan ke kelapa parut. Saat diangkat agak lembek, itu pertanda benar-benar matang. Setelah agak dingin, agak mengeras dan bentuknya bulat cantik
  8. Sajikan…

Tambahkan mousse klepon, tumpuk lagi dengan kue pandan, gula merah cair, dan mousse klepon. Sajikan klepon cake in box dalam keadaan dingin. Cara membuat: Resep Tradisional #klepon #onde-onde. Watch Queue Queue Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat onde onde paranggi (klepon labu kuning) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved