Resep Kelepon, Menggugah Selera

Leonard Caldwell   05/08/2020 21:29

Kelepon
Kelepon

Anda sedang mencari ide resep kelepon yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kelepon yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kelepon, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kelepon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Klepon (pronounced Klē-pon), or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. The sweet glutinous rice balls is one of popular Indonesian kue, and it is commonly found in Indonesia, Malaysia, Brunei and Singapore. In my case, Klepon is forever the one that makes me nostalgic for the good old days.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kelepon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kelepon menggunakan 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kelepon:
  1. Sediakan 15 sdm tepung beras ketan
  2. Siapkan Sedikit garam
  3. Siapkan Secukupnya irisan gula jawa
  4. Siapkan Secukupnya air putih
  5. Sediakan Parutan kelapa
  6. Gunakan Pasta pandan

Works great as a small present in a pretty box. Klepon work great as a small present in a pretty box ;-). Klepon or kelepon we are not entirely sure. Traditional Indonesian sweet rice desserts made with rice flour and flavored by the pandan leaf.

Langkah-langkah membuat Kelepon:
  1. Campurkan tepung ketan garam dan pasta pandan, lalu beri air secukupnya, jgn terlalu lembek yaaa
  2. Bulat2 adonan dan beri isian irisan gula jawa
  3. Rebus adonan yg sudah di bulatkan, rebus sampai mengapung itu tandanya sudah matang
  4. Taro adonan di wadah dan beri taburan kelapa parut kemudian di goyang2kan agar parutan kelapa nempel secara merata

We learnt how to make these at a cooking class on Gili Air wth our good friends at Gili Cooking Classes - highly recommended for a sample of Indonesian cuisine. Gili Air really is a small paradise island near Bali and Lombok. Here, we share our ondeh-ondeh or klepon recipe that cuts no corners. Instead of using pandan extract or food colouring, our recipe calls for real pandan juice, giving the rice cake casing a natural green hue. One point to note though, while gula melaka is used in Malaysia and Singapore, Indonesians use gula jawa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kelepon yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved