Resep Klepon, Lezat Sekali

Clyde Roberts   03/11/2020 01:48

Klepon
Klepon

Anda sedang mencari ide resep klepon yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan klepon yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Klepon, or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. The sweet glutinous rice balls is one of popular Indonesian kue, and it is commonly found in Indonesia, Malaysia, Brunei and Singapore. This is so much fun to make: Indonesian Klepon.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Klepon memakai 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Klepon:
  1. Gunakan 250 gram tepung ketan
  2. Siapkan 6 sdm tepung beras
  3. Sediakan 3 tetes pasta pandan
  4. Ambil 1/2 sdt garam
  5. Ambil 200 gram gula merah
  6. Gunakan Secukupnya air hangat (sekitar 200 cc)
  7. Ambil 1/2 butir kelapa parut
  8. Sediakan 2 lembar daun pandan

Colored and flavored with pandan leaf. Klepon is a palm sugar, rice dough snack. Klepon is a small, boiled glutinous cake, filled with liquid coconut sugar (gula jawa) and covered in grated coconut. It packs a sweet punch in your mouth when you bite into it.

Cara membuat Klepon:
  1. Kukus kelapa parut beserta daun pandan. Tambahkan sedikit garam kedalamnya jika suka. Masak hingga kelapa layu dan harum. Iris halus gula merah, kemudian sisihkan untuk bahan isian nanti.
  2. Campurkan tepung ketan, tepung beras, garam dan pasta pandan. Aduk hingga merata, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis dan mudah untuk dibentuk (untuk pasta pandan bisa disesuaikan dengan selera jumlahnya dan air yang digunakan juga tidak perlu sampai habis jika memang adonan sudah kalis).
  3. Ambil sedikit adonan, lalu pipihkan dan isi dengan gula merah yang sudah diiris2 halus tadi. Kemudian tutup kembali adonan menjadi bentuk bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan air untuk merebus, tambahkan sedikit minyak agar nanti adonan tidak lengket. Biarkan hingga mendidih, jika sudah mendidih masukkan adonan, biarkan adonan matang dengan ditandai adonan mengambang keatas permukaan.
  5. Tiriskan adonan, kemudian tambahkan kelapa parut yang sudah dikukus. Kelapa bisa hanya ditaburkan, bisa juga dicampur (disesuaikan selera saja). Kue klepon siap disajikan dan dinikmati (kondisi hangat lebih enak).

It packs a sweet punch in your mouth when you bite into it. Repeat until you have used up all of the dough. Arrange the klepon on a surface sprinkled with rice flour to prevent sticking. Bring a pan of water to a boil, lower the heat to a gentle boil, and drop in the klepon. Cook them until they start to float.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan klepon yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved