Resep Bolu macan tepung beras kukus (gluten free) Anti Gagal

Marvin Harper   30/07/2020 23:00

Bolu macan tepung beras kukus (gluten free)
Bolu macan tepung beras kukus (gluten free)

Lagi mencari ide resep bolu macan tepung beras kukus (gluten free) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu macan tepung beras kukus (gluten free) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Kembali maning nang #dapurzhaky kali kiye nyong arep mbagikna cara nggawe bolu nganggo tepung beras terus manggange karo mejikom !!! simak sampai selesai ya. Karena banyak sekali tepung beras di rumah, sedangkan exp date nya akhir tahun ini, jadi kali ini buat brownies dengan tepung beras. Sebener nya bolu kukus ini lebih sering aku bikin ketimbang bolu kukus yg biasa.krn menurutku ini paling gampang,cpt dan rasa legit Zaman sekarang lagi kekinian diet keto, banyak yang bikin makanan atau kue yang gluten free alias tidak pakai tepung terigu.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu macan tepung beras kukus (gluten free), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bolu macan tepung beras kukus (gluten free) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu macan tepung beras kukus (gluten free) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bolu macan tepung beras kukus (gluten free) memakai 8 bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu macan tepung beras kukus (gluten free):
  1. Ambil 4 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
  2. Sediakan 125 gram tepung beras
  3. Siapkan 10 gram susu bubuk
  4. Ambil 150 gula pasir
  5. Siapkan 120 ml minyak goreng/butter cairkan
  6. Ambil 1 sdm krimer kental manis
  7. Siapkan 1/4 sdt vanili bubuk
  8. Gunakan Sejumput garam

Resep dari bolu kukus ini sama dengan bolu kukus tepung beras. Adonan pertama saya tambahkan pasta cokelat. Adonan kedua ditambahkan pasta pandan dan adonan ke tiga dibiarkan original. Resep bolu kukus umumnya menggunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang.

Cara membuat Bolu macan tepung beras kukus (gluten free):
  1. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan kain bersih agar airnya tidak menetes.
  2. Campurkan krimer kental manis kedalam minyak, aduk rata. Sisihkan.
  3. Campur tepung beras, susu bubuk dan vanili bubuk lalu ayak. Sisihkan.
  4. Mixer putih telur, gula dan garam sampai kental berjejak.
  5. Masukkan kuning telur bertahap, lalu turunkan mixer ke speed rendah masukkan tepung beras, kocok sebentar saja, sekitar 5 detik.
  6. Terakhir masukkan campuran minyak dan krimer kental manis, aduk balik pakai spatula. Saya tetap kocok pakai mixer sebentar, lalu matikan mixer. Lanjut aduk balik pelan dengan spatula hingga tidak ada minyak yang mengendap dibawah.
  7. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata
  8. Bagi lagi salah satu adonan menjadi 2 bagian yang sama. jadi ada 3 wadah, 1 wadah berisi adonan lebih banyak dari 2 bagian lainnya.
  9. Bagian yang paling banyak adonan nya biarkan berwarna putih, 2 bagian lainnya di beri warna merah dan pasta coklat.
  10. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dioles margarin dan terigu tipis2, di mulai dari adonan putih tuang tepat di tengah loyang sebanyak 2 sendok makan, lalu timpa dengan adonan coklat diatasnya 1 sendok makan, lanjut adonan merah 1 sendok makan. Lakukan sampai habis.
  11. Kukus dengan api sedang cenderung kecil 25-30 menit hingga matang.
  12. Moist bangett 😊😊

Ini supaya kue yang dihasilkan lembut dan empuk. Protein pada tepung terigu dikenal dengan sebutan gluten Gluten merupakan kandungan protein yang tak larut dalam air, berisifat kenyal dan elastis. Tepung beras merupakan tepung yang terbuat dari beras yang digiling atau dihaluskan. Teksturnya lebih lembut dan halus dibandingkan tepung ketan. Tepung beras biasanya dijadikan kue atau permen.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bolu macan tepung beras kukus (gluten free) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved