Cara Gampang Membuat Asem asem bandeng tahu yang Lezat

Owen Atkins   04/11/2020 14:17

Asem asem bandeng tahu
Asem asem bandeng tahu

Sedang mencari ide resep asem asem bandeng tahu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal asem asem bandeng tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Walau berduri halus dan banyak, tetap tidak mengurangi kecintaan para penggemarnya terhadap ikan bandeng ini. Bumbu asem-asem ini sangat tepat berpadu dengan ikan bandeng yang cenderung murah menyerap bumbu. Tambahkan ekstra potongan cabe rawit agar sajian anda lebih sedap dan menggigit, berpadu dengan cita rasa asam yang segar.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asem asem bandeng tahu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan asem asem bandeng tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat asem asem bandeng tahu yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Asem asem bandeng tahu menggunakan 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Asem asem bandeng tahu:
  1. Siapkan 2 ekor bandeng ukuran sedang
  2. Ambil 1 kotak tahu
  3. Siapkan 5 siung bawang merah
  4. Sediakan 3 siung bawang putih
  5. Siapkan 1 ruas kunyit
  6. Sediakan 2 iris lengkuas
  7. Ambil 1 lembar daun jeruk
  8. Gunakan 1 sdm ketumbar
  9. Siapkan 2 butir kemiri
  10. Sediakan 1 buah tomat
  11. Sediakan Cabe rawit
  12. Ambil 3 tangkai daun bawang
  13. Ambil 5 sdm Air asam jawa9
  14. Gunakan Jeruk nipis
  15. Siapkan Garam
  16. Ambil Gula
  17. Siapkan Penyedap rasa

Supaya isian sajian asem-asem bandeng ini bisa lebih banyak dan beragam, anda bisa menambahkan tahu putih sesuai selera. Tak hanya menggunakan bahan dasar seperti ikan bandeng saja, namun anda juga bisa membuat menu asem-asem dari bahan dasar lain seperti daging, kepiting atau beragam seafood lainnya. Agar isian asem-asem bandeng menjadi banyak, anda boleh menambahkan beberapa potong tahu putih atau tofu sesuai selera. selain digunakan untuk membuat asem-asem bandeng dan ikan lainnya, bumbu asem-asem ini dapat juga digunakan untuk membuat asem-asem daging, asem-asem kepiting dan aneka seafood lainnya. anda tinggal tambahkan beberapa bahan. Resep Asem Asem Ikan Bandeng Spesial - Sebenarnya asem - asem ikan bandeng ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari jawa timur.

Cara membuat Asem asem bandeng tahu:
  1. Pertama rebus air dalam 1 panci kecil, (jangan sampai penuh)
  2. Bersihkan sisik bandeng, potong ikan menjadi 3 bagian, cuci bersih lalu beri perasan jeruk nipis(biar tdk amis) sementara itu potong2 tahu sesuai selera potong2 juga daun bawang dan cabe rawit (cabe rawitnya optional yah..)sisihkan dulu semuanya
  3. Haluskan semua bumbu kecuali lengkuas, daun jeruk, tomat,cabe rawit dan daun bawang
  4. Masukkan bumbu halus, lengkuas, daun jeruk,air asam jawa, kedalam rebusan air, tambahkan juga potongan tahu dan berikan gula garam dan penyedap rasa
  5. Terakhir masukkan bandeng yang sudah dibilas dari air perasan jeruk nipis, masukkan juga potongan tomat, cabe rawit, dan daun bawang
  6. Tunggu sampai matang koreksi rasa dan sajikan bersama nasi hangat rasanya enak segar dan gurih have a try 😄😄

Dimana asem - asem ikan bandeng ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan sangat populer di kota asalnya. Makanan ini sangat cocok dihidangkan saat masih hangat didampingi dengan nasi putih yang pulen. Segarnya bandeng kuah asem-asem siap disajikan. Coba saja resep asem asem bandeng berikut ini, rasanya yang enak dan lezat dipadu dengan kuah yang segar, menjadikan masakan ini sangat nikmat disajikan untuk makan siang bersama keluarga di rumah. Ikan bandeng merupakan salah satu bahan masakan yang mempunyai tekstur daging yang lembut, namun memiliki duri yang banyak, sehingga terkadang ada.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat asem asem bandeng tahu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved