Cara Gampang Menyiapkan Lontong isi sayur sapi Anti Gagal

Amy Olson   16/07/2020 08:47

Lontong isi sayur sapi
Lontong isi sayur sapi

Anda sedang mencari ide resep lontong isi sayur sapi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lontong isi sayur sapi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lontong isi sayur sapi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan lontong isi sayur sapi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Kalau di keluarga saya, harus ada lontong juga. Kali ini saya berkreasi dengan SO GOOD. Resep arem-arem / Lontong isi Ayam dan Sayur

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah lontong isi sayur sapi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Lontong isi sayur sapi memakai 19 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Lontong isi sayur sapi:
  1. Ambil 400 gr beras
  2. Siapkan 1 batang daun pandan
  3. Ambil 1 batang serai
  4. Siapkan 1/2 sdm garam
  5. Gunakan 1.2-1.5 L air (untuk mengaron beras)
  6. Siapkan Daun pisang
  7. Sediakan Tusuk gigi
  8. Gunakan Bahan Isian
  9. Gunakan 1 buah wortel ukuran besar
  10. Gunakan 1 buah kentang ukuran sedang
  11. Gunakan 1 batang seledri
  12. Siapkan 1 batang daun bawang (saya,daunnya saja)
  13. Gunakan 100 gr daging sapi (cincang)
  14. Gunakan 1 sdt peres garam
  15. Siapkan 1 sdt peres gula
  16. Gunakan 1/2 sdt merica
  17. Ambil 1/4 sdt kaldu bubuk
  18. Gunakan 1 sdm minyak goreng
  19. Sediakan 400 ml air

Apakah lontong sayur sama dengan ketupat sayur. Kalau dilihat dari sajian sayurnya bisa dibilang saya, jika ada perbedaan, tentunya hanya pada bahan Ambil mangkok, isi dengan beberapa potong lontong, dan masukkan kuah sayur padang beserta isinya. Resep lontong sayur mirip-mirip dengan cara membuat ketupat sayur. yang membedakan hanya lontong dan Lontong dengan kuah Sayur Labu Siam. (Foto: dok. keposiasi.com). Daftar Isi Bisa juga membuat kuah lontong sayur Betawi dan Padang.

Cara menyiapkan Lontong isi sayur sapi:
  1. Potong dadu kecil wortel dan kentang. Chop daging sapi. Iris halus seledri dan daun bawang
  2. Tumis daging terlebih dahulu,hingga kecoklatan. Kemudian masukan kentang dan wortel. Tumis sebentar,kemudian masukan air sedikit demi sedikit. Setelah kentang- wortel empuk dan air susut,masukan bumbu,seledri dan daun bawang. Cek rasa sebelum diangkat. Aduk-aduk sebentar,agar seledri dan daun bawang matang.
  3. Cuci beras. Kemudian rendam sebentar dengan air (selama membuat isian).
  4. Siapkan wajan besar (boleh katel atau citel),masukan beras yg sudah direndam dan daun pandan beserta serai yang sudah di geprek. Untuk mengaroni beras, air boleh di tambah jika air sudah susut tapi beras belum mengembang. Harus terus diaduk ya,biar gak berkerak 😉 Setelah beras mengembang,matikan kompor dan istirahatkan selama kurleb 20 menit. Kemudian tumbuk nasi aron dengan sutil agar tak terlalu berbulir (agak hancur). Setelah nasi aron dingin baru boleh di bungkus ya.
  5. Setelah nasi aron dingin. Ambil 2 sdm nasi aron keatas daun, lebarkan. Taruh 2 sdt isian kemudian tutup dengan nasi aron,bentuk lonjong dan semat dengan tusuk gigi.
  6. Kukus lontong dengan posisi berdiri selama 30 menit (sampai matang) dengan api sedang.

Tapi rata-rata orang disini sukanya lontong. Resep Lontong Sayur - Saat ini lontong sayur merupakan makanan yang sudah banyak di gemari oleh banyak orang. Bahkan, makanan yang satu ini dapat dengan mudah, ditemukan di berbagai kota. Rasa lontong sayur yang dimilii masing-masing kota juga berbeda, dan memiliki ciri khasnya sendiri. Lontong sayur terdiri dari beragam jenis.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lontong isi sayur sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved