Langkah Mudah untuk Membuat Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng yang Enak

Lou Lindsey   27/07/2020 16:19

Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng
Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng

Lagi mencari ide resep bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Walau berduri halus dan banyak, tetap tidak mengurangi kecintaan para penggemarnya terhadap ikan bandeng ini. Bumbu asem-asem ini sangat tepat berpadu dengan ikan bandeng yang cenderung murah menyerap bumbu. Lihat juga resep Bandeng bumbu kuning asam pedas enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng memakai 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng:
  1. Gunakan 1-2 ekor bandeng ukuran sedang, cuci bersih dan potong2
  2. Sediakan 1 liter air bersih
  3. Ambil 4 siung bawang putih, iris halus
  4. Ambil 6 btr bawang merah, iris halus
  5. Ambil 6 mata asam jawa/1/2 sdm air asam jawa
  6. Sediakan 10 bh cabai rawit merah kecil
  7. Gunakan 1 sachet kaldu sapi
  8. Ambil secukupnya Garam
  9. Sediakan Bumbu ulek :
  10. Sediakan 3 btr kemiri
  11. Ambil 1/2 sdt jintan
  12. Siapkan 2 ruas kunyit
  13. Gunakan 1 Sdm ketumbar
  14. Ambil 3 bh cabe rawit merah

Supaya isian sajian asem-asem bandeng ini bisa lebih banyak dan beragam, anda bisa menambahkan tahu putih sesuai selera. Resep Asem Asem Ikan Bandeng Spesial - Sebenarnya asem - asem ikan bandeng ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari jawa timur. Dimana asem - asem ikan bandeng ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan sangat populer di kota asalnya. Makanan ini sangat cocok dihidangkan saat masih hangat didampingi dengan nasi putih yang pulen.

Langkah-langkah menyiapkan Bandeng Kelo Kuning / asem-asem bandeng:
  1. Masak air hingga mendidih kemudian masukkan asam Jawa, cabe rawit dan ikan bandeng. Masak hingga ikan matang.
  2. Masukkan bumbu halus dan sisa bumbu lainnya. Tambahkan kaldu bubuk dan garam. Aduk. Test rasa. Didihkan. Matikan api.
  3. Sajikan hangat-hangat
  4. Note: kalau mau tambah pedes tinggal ulek aja cabe utuh yg ikut dimasak. #pilih bandeng segar ya mom #buang insangnya ya mom biar nggak bau tanah

Lanjut ke Resep Asem-Asem Bandeng, masakan rumahan yang konon populer di Aceh ini paling enak dimakan dalam kondisi hangat dengan nasi putih yang pulen. ehmm mantap, kuah asem-asem bandeng nya sungguh segar dan bikin ketagihan. selain rasanya yang makyuss, cara membuat resep asem-asem bandeng presto ini juga cukup dibilang mudah dan sangat praktis. tak perlu waktu yang lama untuk membuatnya. Resep Cara Membuat Asem-Asem Bandeng Gurih - Bandeng adalah nama jenis ikan laut yang memiliki ciri khas duri dalam tubuh dan tekstur daging yang empuk. Bandeng kerap kali dijadikan suatu bahan olahan menjadi sajian yang gurih dan lezat. Sebut saja bandeng bakar, bandeng goreng, pindang bandeng, bandeng asam lezat dan masih banyak lagi. Sajian ikan khas Makassar yang sekilas terlihat mirip dengan asem-asem dan pindang bandeng ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bandeng kelo kuning / asem-asem bandeng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved