Resep Lontong Sayur Betawi, Bisa Manjain Lidah

Joe Lyons   28/10/2020 01:15

Lontong Sayur Betawi
Lontong Sayur Betawi

Sedang mencari inspirasi resep lontong sayur betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal lontong sayur betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lontong sayur, lontong sayur betawi, sayur lontong, lontong sayur betawi, sayur ketupat lebaran, indonesian vegetable stew in coconut milk, jajanan kaki. Hay Teman-teman di sini saya akan memasak Resep Lontong Sayur Betawi, Kalo ada yang belum tau cara membuat Lontong Sayur Betawi, yuk tonton video nya terus. Gimana nih Endeusiast, udah praktekin resep Pempek Kapal Selam dari Chef @yongki_gunawan_kue minggu lalu?

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lontong sayur betawi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan lontong sayur betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah lontong sayur betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Lontong Sayur Betawi menggunakan 22 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Lontong Sayur Betawi:
  1. Gunakan 2 bh labu siam uk.sedang, diiris korek api
  2. Siapkan 1 bh wortel, iris korek api
  3. Sediakan 12 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm
  4. Sediakan 1 papan tempe, potong dadu kecil
  5. Sediakan 3 lbr daun salam
  6. Ambil 2 btg serai, geprek
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek
  8. Sediakan 2 ltr santan dari 1 butir kelapa
  9. Ambil 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  10. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
  11. Siapkan 3 sdt gula merah sisir
  12. Siapkan secukupnya Garam
  13. Siapkan Minyak untuk menumis
  14. Sediakan Bumbu halus:
  15. Siapkan 10 bh cabai merah besar
  16. Sediakan 5 siung bawang merah
  17. Gunakan 7 siung bawang putih
  18. Gunakan 1 ruas kunyit dibakar
  19. Siapkan 4 btr kemiri sangrai
  20. Sediakan 1 ruas jahe
  21. Gunakan 1 sdm rebon
  22. Siapkan 1 sdt terasi goreng

Dulunya, lontong sayur hanya disajikan di hari istimewa, seperti Idul Fitri atau Idul Adha. Tapi sekarang, menu ini sangat mudah ditemukan di Jakarta dan menjadi pilihan. Resep lontong sayur betawi memang khas dan berbeda dengan lainnya. Sekarang kamu sudah bisa menyiapkan, membuat dan memasak kuah lontong sayur labu siam, sayur lontong Betawi, Sayur Lontong Padang, Lontong Opor Kuning, dan Lontong Sayur Gulai Tauco.

Cara membuat Lontong Sayur Betawi:
  1. Taburkan garam ke labu siam, tunggu kurang lebih 30 menit, lalu remas2 sampai getahnya hilang. Kemudian cuci bersih.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, serai dan lengkuas sampai harum dan matang. Masukan labu siam, wortel, kacang panjang dan tempe. Aduk rata.
  3. Masukan santan, bumbui dgn kaldu bubuk, merica bubuk, gula merah dan garam secukupnya. Aduk terus sampai mendidih, agar santan tdk pecah.
  4. Masak sampai sayuran matang. Tes rasa, kalo sdh pas, matikan kompor. Sajikan dgn lontong dan pelengkap lain nya.

Lontong sayur (lit. vegetable rice cake) is an Indonesian traditional rice dish made of pieces of lontong served in coconut milk soup with shredded chayote, tempeh, tofu, hard-boiled egg, sambal and krupuk. Meski Ketupat atau Lontong Sayur adalah makanan khas Betawi tapi saya kenal makanan ini waktu masih nyangkul di Batam. So bagi anda yang ingin bernostalgia silahkan mencoba resep ini. Resep komplit Lontong Sayur Betawi sebenarnya menyertakan Semur Tahu Kentang tapi menurut saya. Lontong sayur juga tidak hanya ada lontong sayur betawi saja lho Moms.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lontong sayur betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved