Bagaimana Membuat Bolu Macan, Sempurna

Johanna Francis   25/08/2020 05:21

Bolu Macan
Bolu Macan

Lagi mencari inspirasi resep bolu macan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu macan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu macan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bolu macan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bolu macan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bolu Macan memakai 7 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bolu Macan:
  1. Gunakan 6 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya
  2. Ambil 180 gram mentega
  3. Siapkan 120 gram margarine
  4. Ambil 240 gram gula pasir
  5. Siapkan 240 gram tepung terigu serbaguna
  6. Gunakan 36 gram maizena
  7. Gunakan 1 sachet susu bubuk full cream
Langkah-langkah menyiapkan Bolu Macan:
  1. Kocok mentega, margarine dan gula selama kurang lebih 5 menit.
  2. Setelah itu masukkan kuning telur satu per satu. Lanjutkan mengocok sekitar 15-20 menit atau sampai mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk dengan cara diayak. Lalu aduk rata menggunakan spatula.
  4. Kocok putih telur sampai soft peak. Sisihkan.Masukkan putih telur yang sudah dikocok tadi ke dalam adonan dengan cara disendokkan sedikit demi sedikit, lalu aduk rata menggunakan spatula.
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama banyak. 1 bagian dibiarkan tetap kuning, 1 adonan diberikan tambahan pasta moka, dan 1 bagian lagi diberikan pasta coklat. Aduk rata.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti. Bagian pinggir loyang olesi dengan margarine. Tuang masing - masing 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang secara bergantian. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Masukkan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Panggang dengan api bawah selama 60 menit dengan suhu 250°C, lalu api atas dengan suhu 200°C selama kurang lebih 5-7 menit. Atau menyesuaikan oven masing-masing.
  8. Angkat, keluarkan dari loyang, lalu letakkan di atas rak kawat pendingin.
  9. Bolu Macan siap dinikmati bersama teh hangat atau kopi favorit keluarga 😊.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bolu macan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved