Bagaimana Menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) Anti Gagal

Vera Brock   15/10/2020 11:25

Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau)
Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau)

Anda sedang mencari ide resep jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Kali ini yzmalicious sharing salah satu menu masakan nusantara yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta yaitu Jangan Lombok (Sayur Cabe Hijau). Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) menggunakan 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):
  1. Ambil 350 gram Tempe Kedelai
  2. Sediakan 150 gram Cabe Keriting Hijau
  3. Ambil 700 ml Air Santan
  4. Siapkan 5 siung Bawang Merah
  5. Siapkan 5 siung Bawang Putih
  6. Sediakan 50 gram Gula Jawa
  7. Siapkan 3 lembar Daun Salam
  8. Ambil 4 lembar Daun Jeruk
  9. Siapkan Secukupnya Garam
  10. Ambil Secukupnya Kaldu Bubuk

Di Gunung Kidul Sayur Lombok Ijo ini sering di sebut dengan "Jangan Lombok Ijo". Karena rasanya yang khas, makanan ini telah menjadi salah satu Yang menjadi keistimewaan Sayur Lombok Ijo ini adalah perpaduan rasa gurih dan pedas yang pas pada kuahnya. Sayur Lombok Ijo ini sangat mudah kita temukan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu kita juga bisa menemukannya di warung sego abang (nasi merah) yang ada di Gunung Kidul, Sayur Lombok Ijo ini biasanya disajikan sebagai menu wajib untuk menemani menyantap sego abang.

Langkah-langkah membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):
  1. Pertama potong tempe kedelai menjadi bentuk balok kecil, kemudian goreng setengah matang, tiriskan. Tujuannya agar tidak hancur saat dimasukkan ke santan nanti.
  2. Cincang bawang merah dan bawang putih. Potong cabe keriting dengan cara tradisional seperti menyayat kayu saat meraut pencil, lihat foto. Tujuannya supaya teksturnya lebih terasa.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan santan lalu daun jeruk, daun salam dan gula jawa. Panaskan dengan api agak besar, aduk terus supaya santan tidak pecah. Setelah santan mendidih kecilkan api kemudian masukkan tempe dan cabe keriting.
  4. Masak beberapa saat, kurang lebih 10 menit dengan api sedang atau hingga kuah sedikit berkurang dan tekstur cabe agak empuk. Sajikan dengan nasi hangat.

Jangan Lombok Ijo ini adalah masakan sayur berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan cabai hijau, kacang panjang, dan tempe kedelai. Makanan khas Gunung Kidul selanjutnya adalah Gatot. Mungkin bagi beberapa orang kuliner "Gatot" belum begitu familiar di telinga. Menu utama di warung ini adalah sego abang atau nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo, dan trancam. Apa kekhasan sego abang sehingga banyak yang datang Satu porsi terdiri atas satu cething (bakul) sego abang, sepiring kecil sayur lombok ijo (cabai hijau), gudeg kates Pasangan sejati sego abang ini memang sayur lombok ijo sehingga ia lebih akrab disebut Sego.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved