Bagaimana Menyiapkan SambaL Tomat Terasi Matang Anti Gagal

Clifford Terry   11/10/2020 11:18

SambaL Tomat Terasi Matang
SambaL Tomat Terasi Matang

Sedang mencari ide resep sambal tomat terasi matang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tomat terasi matang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tomat terasi matang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal tomat terasi matang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Kupas bawang merah dan bawang putih kemudian potong kecil kecil. Hasil tomat milik mitra kami diatas memang terbilang sehat, sebab perawatan yang dilakukan cukup intensif. Bahkan beberapa kendala seperti faktor cuaca yang mengakibatkan serangan hama maupun penyakit.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal tomat terasi matang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan SambaL Tomat Terasi Matang menggunakan 8 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan SambaL Tomat Terasi Matang:
  1. Ambil 2 buah tomat matang
  2. Siapkan 5 cm terasi, matang
  3. Siapkan 1 siung bawang merah
  4. Sediakan 2 siung bawang putih
  5. Sediakan 30 cabai keriting mix (merah&hijau)
  6. Siapkan 1/2 sdt gula jawa di sisir
  7. Gunakan 1 sdt garam
  8. Ambil 1/4 sdt gula pasir

Kemudian diberi gula, garam dan terasi matang, aduk- aduk sampai matang. Jika semua sudah halus masukan terasi, garam, gula jawa, dan air jeruk nipis. Resep Sambal Tomat Terasi - Bagi sebagian besar lidah orang Indonesia, masakan yang dilahap namun tidak pedas biasanya kurang terasa lezat & nikmat. Masakan yang tidak atau kurang pedas juga di mulut sebagian orang terasa hambar & agak kurang menggugah selera.

Langkah-langkah membuat SambaL Tomat Terasi Matang:
  1. Siapkan semua bahan yang di perlukan. Cuci bersih.
  2. Lalu potong kecil2 cabai dan tomat. Panaskan minyak, goreng cabai, Terasi, bawang putih dan bawang merah hingga lagu/matang. Angkat, taruh di atas cobek, haluskan.
  3. Langsung goreng tomat. Dengan api paling kecil.
  4. Sembari menunggu Tomat matang, tambahkan gula jawa& gula pasir. Haluskan lagi. Lalu masukkan tomat yang sudah matang dan garam. Haluskan sampai tercampur semua. Koreksi rasa.
  5. Sajikan. ❤️

Nikmatnya sambal terasi sulit untuk ditolak! Menjadi pelengkap menu nasi hangat dan lauk, sambal terasi membuat hidangan jadi makin endeus dan membuat nafsu makan bertambah! Panaskan minyak, tumis cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga harum. Tumis semua Cabai dan Tomat hingga cukup layu. Setalah itu ulek bahan, tambahkan garam dan gula, secukupnya rasa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal tomat terasi matang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved