Resep Kue semprong coklat/ kue sapik coklat yang Enak

Jeanette Andrews   23/10/2020 13:45

Kue semprong coklat/ kue sapik coklat
Kue semprong coklat/ kue sapik coklat

Lagi mencari ide resep kue semprong coklat/ kue sapik coklat yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue semprong coklat/ kue sapik coklat yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kue sapik sering disajikan saat lebaran Kue sapik terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur dan santan. Kue tradisional ini sebenarnya berbagai nama untuk nama kue ini ada yang menyebut Semprong, kue Semprong, Sapit, Sepit, kuih gapit atau kapit, opak gambir. Kue sapik adalah salah satu jajanan khas Sumatra Barat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue semprong coklat/ kue sapik coklat, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kue semprong coklat/ kue sapik coklat yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue semprong coklat/ kue sapik coklat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kue semprong coklat/ kue sapik coklat menggunakan 6 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue semprong coklat/ kue sapik coklat:
  1. Siapkan tepung beras (rose brand)
  2. Gunakan kelapa utk santan kental
  3. Siapkan gula
  4. Ambil telur
  5. Siapkan garam
  6. Ambil Bubuk Cocoa sesuai selera (1/2 bgkus dri bubuk cocoa vanhouten)

Bentuknya mirip kue semprong tetapi tidak digulung. Lihat juga resep Resep Kue Sapik/ Semprong Tepung Beras Sumatera Barat enak lainnya. Kue semprit coklat sangat renyah serta rasanya menggugah selera, meskipun terlihat sederhana namun dipastikan bahwa tidak ada yang bisa menolak kelezatan kue yang satu ini. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue ini, kali ini resepkuerenyah akan membagikan resep kue Semprit coklat.

Langkah-langkah menyiapkan Kue semprong coklat/ kue sapik coklat:
  1. Kocok lepas telur lalu aduk semua bahan sampai gula benar2 larut
  2. Jika masih kental, tambahkan santannya, tingkat kekentalan mempengaruhi tebal ataupun tipisnya kue semprong
  3. Sebelum d cetak, pastikan cetakan benar2 udah panas, sebelumnya d baluri dengan minyak goreng agar ga lengket y say
  4. Masukan adonan 1 sdm k dlm cetakan masak dg api tdk terlalu kecil, jika sudah kering berarti udah matang kurang lebih 30 detik, lalu d gulung atau d lipat juga bisa

Nama kue semprong sendiri sampai sekarang belum diketahui dari mana asalnya. Berbagai daerah menyebut kue ini dengan nama yang berbeda-beda. Di Sumatera kue ini diberi nama dengan Kue Sapik, sedangkan di Jawa Timur (khsusnya Blitar) kue ini sering disebut dengan Opak Gambir. Kue kering renyah bercitarasa coklat selalu jadi favorit semua orang. Untuk melengkapi kelezatannya, kacang cincang kasar akan dijadikan taburan di permukaan atas kue ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kue semprong coklat/ kue sapik coklat yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved