Resep Soto betawi, Bisa Manjain Lidah

Billy Christensen   02/11/2020 21:16

Soto betawi
Soto betawi

Sedang mencari inspirasi resep soto betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto Betawi enak lainnya. Soto Betawi Haji Husein serves delicious soto. However, there's a dish, known as Soto Betawi, which originates right in Jakarta, and it's one of the must eat Indonesian dishes when you're in the city.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Soto betawi memakai 34 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto betawi:
  1. Ambil 500 g daging sapi/kambing
  2. Sediakan 5 pcs daun jeruk
  3. Ambil 4 pcs daun salam
  4. Siapkan 2 batang sereh
  5. Sediakan 2 cm jahe
  6. Sediakan 1 sdm garam
  7. Siapkan bumbu halus :
  8. Sediakan 15 siung bawang merah
  9. Gunakan 8 siung bawang putih
  10. Siapkan 1 sdm ketumbar sangrai
  11. Sediakan 1 sdt lada
  12. Sediakan 1/2 sdt jinten
  13. Sediakan 2 batang serai geprek
  14. Siapkan 5 daun jeruk
  15. Gunakan 4 daun salam
  16. Ambil 3 cm lengkuas geprek
  17. Siapkan 2 cm jahe
  18. Ambil 1 pcs kapulaga
  19. Ambil 1 pcs bunga lawang
  20. Ambil 5 cm kayumanis
  21. Sediakan 6 butir cengkeh
  22. Sediakan 1 liter air
  23. Gunakan 1 pcs santan kara 65 ml
  24. Ambil 500 ml susu uht
  25. Gunakan 1 sdm garam
  26. Sediakan 2 sdm kaldu jamur
  27. Siapkan 2 sdt gula
  28. Siapkan bahan pelengkap :
  29. Siapkan tomat
  30. Siapkan kentang
  31. Sediakan daun bawang
  32. Sediakan bawang goreng
  33. Siapkan emping
  34. Siapkan sambal

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Resep dengan petunjuk video: Soto Betawi merupakan makanan khas Masyarakat Betawi Jakarta.

Langkah-langkah menyiapkan Soto betawi:
  1. Rebus daging dgn bumbu dapur
  2. Haluskan bumbu tumis hingga harum
  3. Panaskan air masukkan santan selanjutnya masukan daging yg sudah di potong2
  4. Masukan gula penyedap dan garam
  5. Masukkan susu masak hingga daging empuk

Soto asli ibu kota ini terkenal dengan isian soto tersebut yaitu jeroan, yang terkadang disertakan juga. Resep soto betawi ini bisa jadi pilihan di saat ingin menyantap yang hangat-hangat, tanpa santan dan susu yang membuat kuah jadi 'thick' di lidah. Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto khas Nusantara yang paling digemari. Berkuah putih dan cukup kental, soto Betawi ada yang terbuat dari santan kelapa atau susu. Seperti yang kita tahu, soto Betawi memang salah satu kuliner yang paling banyak dicari.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved