Resep Lotek / gado2 sayuran Anti Gagal

Lucy Jefferson   31/07/2020 04:20

Lotek / gado2 sayuran
Lotek / gado2 sayuran

Sedang mencari inspirasi resep lotek / gado2 sayuran yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lotek / gado2 sayuran yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lotek / gado2 sayuran, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan lotek / gado2 sayuran enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Gado-gado di Jakarta dan daerah lainnya juga beebeda-beda, lo, teman-teman. Gado-gado khas Jakarta menggunakan bahan jagung pipil, sayuran Persamaan lotek dan gado-gado adalah sama-sama berasal dari Jawa, menggunakan sayur yang telah direbus, dan disiram dengan saus kacang. Gado-gado berisi sayuran yang sudah direbus dan dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan lotek / gado2 sayuran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Lotek / gado2 sayuran menggunakan 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Lotek / gado2 sayuran:
  1. Sediakan 1 mangkuk sayuran yg telah dikukus, (sy pake toge,kacang panjang, buncis,karena adanya itu 😀)
  2. Gunakan 🌱 bumbu 🌱
  3. Gunakan 1/2 siung kecil bawang putih
  4. Ambil 1/2 ruas jari kencur
  5. Sediakan 5 bh cabe rawit (sesuaikan dgn selera pedas masing2)
  6. Ambil 2 sdm kacang tanah goreng
  7. Gunakan 1 batang ubi kuning kukus (boleh jg diganti kentang)
  8. Sediakan secukupnya gula merah & garam
  9. Gunakan secukupnya air matang yg dicampur dgn perasan jeruk sambel

Makanan sejenis gado-gado dan pecel ini merupakan sayuran yang direbus dan disiram. Pernah mencicipi gado-gado, lotek, dan pecel? Berbagai sayuran berbalut guyuran bumbu kacang membuat ketiga hidangan ini sangat memanjakan lidah. Gado-gado biasanya ditambah dengan telur dan kentang rebus.

Langkah-langkah membuat Lotek / gado2 sayuran:
  1. Ulek bhn bumbu sesuai urutan bhn di atas,tambahkan air sedikit demi sedikit sesuai kekentalan yg diinginkan. Cek rasa.
  2. Masukkan sayuran kukusnya,aduk dgn centong nasi smbil agak dipenyetkan dgn ulekan😀
  3. Sajikan dgn taburan bawang merah goreng & kerupuk kanji 😋,bisa dinikmati dgn lontong atwpun nasi putih dingin😉
  4. Note : utk sayurannya bebas ya bu,boleh pake kol,kangkung,labu siam atwpun nangka muda😃

Sementara untuk bumbunya terbuat sari kacang goreng, bawang putih, cabai. Dengan campuran bumbu kacang dan sayuran segar, lotek tidak hanya nikmat di lidah saja tetapi kuliner khas Bandung satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Di Indonesia, lotek memiliki kesamaan dengan kuliner lainnya yakni pecel, gado-gado, dan karedok. Selain lotek dan gado-gado, masih ada pula pecel dan karedok yang juga nyaris sama. Isian pecel lebih sederhana daripada lotek atau gado-gado, sementara karedok menggunakan sayuran mentah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lotek / gado2 sayuran yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved