Bagaimana Menyiapkan Lotek Sayur (Timun) / Karedok, Enak Banget

Clara Griffith   08/10/2020 09:20

Lotek Sayur (Timun) / Karedok
Lotek Sayur (Timun) / Karedok

Anda sedang mencari inspirasi resep lotek sayur (timun) / karedok yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lotek sayur (timun) / karedok yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lotek sayur (timun) / karedok, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan lotek sayur (timun) / karedok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Karedok is a raw vegetable salad in peanut sauce from West Java, Indonesia. It is one of the Sundanese signature dish. It originally included cucumbers, bean sprouts, cabbage, legumes, Thai basil, and small green eggplant, covered in peanut sauce dressing, but there are now many variations.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan lotek sayur (timun) / karedok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Lotek Sayur (Timun) / Karedok menggunakan 11 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Lotek Sayur (Timun) / Karedok:
  1. Ambil 1 sdm kacang tanah goreng
  2. Gunakan 1/4 buah kentang rebus
  3. Ambil 1/2 buah bawang putih
  4. Gunakan 1 cm kencur
  5. Sediakan Secukupnya cabe rawit
  6. Sediakan Secukupnya garam
  7. Siapkan Secukupnya gula merah
  8. Ambil Secukupnya air jeruk nipis
  9. Ambil 1 buah timun diiris-iris
  10. Siapkan Segenggam tauge (kecambah)
  11. Sediakan Segenggam kol iris

Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam. Karedok adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari sayuran mentah dan disiram dengan kuah kacang, biasanya menggunakan sayuran seperti kemangi, kacang panjang, tauge dan beragam sayur lainnya. Untuk resep ini saya menggunakan sayur yang ada dikulkas saya, yaitu daun kenikir, wortel, timun dan tau. Jika dilihat sekilas, karedok mirip dengan gado-gado dan lotek dari Jawa Tengah karena sama-sama berbahan sayur.

Cara membuat Lotek Sayur (Timun) / Karedok:
  1. Masukkan semua bumbu, ulek sampai halus, beri air jeruk nipis
  2. Sayuran yang sudah diiris, masukkan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan
  3. Aduk rata, siap dihidangkan bersama kerupuk..

Hanya saja, gado-gado menggunakan sayur yang sudah direbus sedangkan karedok menggunakan sayur segar tanpa direbus. Sehingga rasa yang disuguhkan merupakan rasa asli sayuran segar yang diberi bumbu. Lotek (Aksara Sunda Baku: ᮜᮧᮒᮦᮊ᮪, Loték, bahasa Jawa: Lothèk) adalah salah satu makanan dari Jawa Barat yang mudah ditemukan di seluruh wilayah Jawa Barat. Sepintas lotek ini hampir mirip dengan Gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang sering kali ditambahkan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Lotek Sayur (Timun) / Karedok yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved