Resep Sayur Pare Bugis yang Bikin Ngiler

Isaiah Jackson   26/07/2020 18:41

Sayur Pare Bugis
Sayur Pare Bugis

Lagi mencari inspirasi resep sayur pare bugis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur pare bugis yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur pare bugis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur pare bugis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Sayur Pare Bugis (Nasu Kaju Paria) enak lainnya. Sayur Santan Pare (Khas Bugis) Ini sayur penambah asi. Kebetulan masih nyusui, jadi sering buat.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur pare bugis yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Pare Bugis memakai 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Pare Bugis:
  1. Sediakan 1 bungkus kelapa
  2. Sediakan 5 Bawang Merah
  3. Gunakan 3 Bawang Putih
  4. Siapkan 2 lombok besar
  5. Sediakan 1/2 ruas jari klingking Jahe
  6. Sediakan 1 batang serai
  7. Sediakan 1 lembar daum salam
  8. Sediakan 1 lembar daun jeruk purut
  9. Siapkan 1 bgkus santan kara instan
  10. Sediakan 1 buah Pare/Paria
  11. Ambil 1 butir telur
  12. Ambil Bahan isian pare :
  13. Ambil 3 Bawang merah
  14. Ambil 2 Bawang Putih
  15. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  16. Gunakan 1/2 sdt Merica bubuk
  17. Siapkan 1/2 ruang jari jahe

Meski pelafalan bahasa Bugis sering dianggap sulit, tetapi gak sedikit juga yang cenderung mudah dan mudah dilafalkan bagi non penutur, lho. Memindahkan rumah berserta isinya ke tempat baru bukan hal yang aneh, apalagi bagi suku Bugis. Tradisi unik pindah rumah yang dimiliki masyarakat suku Bugis ini memang unik, teman-teman. Ada dua cara yang digunakan masyarakat suku Bugis untuk memindahkan rumah panggung miliknya.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Pare Bugis:
  1. Potong sayur varia (pare) sebesar 3 ruas jari telunjuk anda. Lalu rebus. Hingga tengahx lembek dan bisa dikleuarkan isinya pakai tangkai sendok makan
  2. Siapkan bumbu isian : bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jahe silahkan di uleq. Lalu hasil uleq nya di masukin dikelapa
  3. Jika bumbu suda tercampur dgn kelapa beri 1 butir telur (sebagai perekat) agar jika bahan isian di masukan ke dalam lubang varia, isiannya tidak keluar ke kuah..oke..
  4. Jika bahan isian uda siap. Silahkan dimasukan ke lubang varia..tekan agar isian rapat dan g gampangnkeluar.
  5. Setelah selsai sisihkan lanjut ke bumbu kuah kuningnya (siapkan bahan) bawang merah, bawang putih, jahe, lombok besar (agar kuah tdk trlalu kuning kasi sentuhan merah dr lombok ini) jagn ambil biji lombok besarnya yah….. Setelah itu beri garam u/ mmpermudah proses uleq….lalu Geprek serai dan simpul seraix.
  6. Panas kan minyak goreng tumis bahan (pd langkah 5 diatas) turunkan serai dan daun jeruk juga daun salam, tambahkan air dan santan…aduk, lalu seimbangkan gula dan garam…
  7. Kuah diaduk terus hingga kunyit sbagain pewarna merata. Selsai deh. Selamat mencoba

Cara pertama dalah dengan mendorongnya jika jarak dari rumah lama ke tempat baru, jika jaraknya tidak jauh. Pare Makassar ini bisa dijadikan lauk maupun sayur. Merupakan kuliner khas Bugis-Makassar yang selalu dinanti saat makan tiba. Pengolahan yang Mengubah Pahit Menjadi Gurih Paria Kambu khas Bugis Makassar via Instagram/@hestihhakim. Pare memiliki citarasa pahit, bisa dikatakan tidak banyak yang suka sayuran ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Pare Bugis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved