Bagaimana Membuat ROTI / BOLU PISANG KUKUS yang Lezat

Julia Wade   04/10/2020 03:04

ROTI / BOLU PISANG KUKUS
ROTI / BOLU PISANG KUKUS

Anda sedang mencari ide resep roti / bolu pisang kukus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti / bolu pisang kukus yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti / bolu pisang kukus, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan roti / bolu pisang kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sebaiknya menggunakan pisang raja atau pisang ambon yang sudah matang supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Roti bolen is Indonesian baked bread pastry with crust layers similar to those of croissant, baked flour with butter or margarine layers, filled with cheese and banana. The cake demonstrate European pastry influences.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat roti / bolu pisang kukus yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat ROTI / BOLU PISANG KUKUS memakai 9 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan ROTI / BOLU PISANG KUKUS:
  1. Sediakan Bahan : 100 ml air hangat
  2. Siapkan 1/2 sdm ragi instan/fermipan
  3. Siapkan 2 btr telur
  4. Gunakan 100 g gula pasir
  5. Siapkan 2 bh (100 gr) buah pisang
  6. Siapkan 200 g tepung terigu
  7. Siapkan 2 sdm susu bubuk
  8. Gunakan 1/4 sdt garam
  9. Siapkan 25 g mentega,cairkan

Tapi ternyata pisang juga dapat diolah menjadi kue simpel yang enak loh, yaitu bolu pisang kukus. Pisang yang sudah matang memang sangat cocok diolah menjadi bolu pisang kukus. Bolu pisang mempunyai tekstur yang agak padat dan lembut hal ini menjadi makanan bolu ini banyak penggemarnya. Bagi Anda para penyuka dan pembuat kue pasti tidak akan ketinggalan dengan membuat bolu pisang karena dari rasa yang enak tentu bahan dasarnya mudah untuk di dapatkannya.

Langkah-langkah menyiapkan ROTI / BOLU PISANG KUKUS:
  1. Pisang dilumatkan dengan garpu.
  2. Larutkan fermipan dalam 100 ml air hangat.diamkan hingga berbuih.
  3. Campur gula pasir dan telur dalam wadah,kopyok hingga gula larut.
  4. Masukkan lumatan pisang dalam kopyokan telur aduk rata.
  5. Masukkan tepung terigu,susu bubuk dan garam,aduk rata.
  6. Masukkan larutan fermipan/ragi instan.Aduk rata.
  7. Masukkan mentega cair,aduk rata.
  8. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan tutup dengan serbet.
  9. Diamkan selama kurang lebih 50 menit hingga mengembang.
  10. Setelah mengembang,kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 45 menit.
  11. Angkat dan biarkan uap panas hilang.

Puding roti merupakan hidangan pencuci mulut yang popular di kebanyakan negara, termasuk di england, perancis, belgium, puerto rico, mexico, argentina. Resipi kek pisang kukus paling mudah dan sangat sedap. Cara membuat bolu pisang ini pun sangat mudah, bahkan bisa dibuat oleh mereka yang masih pemula dalam hal memasak dan memanggang. Ada bolu pisang panggang, bolu pisang kukus, bolu pisang coklat, bolu pisang keju, dan bolu pisang Jepang alias Japanese cotton cake. Gunakan pisang ambon untuk hasil bolu yang wangi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan ROTI / BOLU PISANG KUKUS yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved