Bagaimana Membuat Sayur Pare Bugis, Lezat

Raymond Walker   25/11/2020 13:24

Sayur Pare Bugis
Sayur Pare Bugis

Lagi mencari inspirasi resep sayur pare bugis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur pare bugis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur pare bugis, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur pare bugis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Hanya karena rasanya pahit, bukan berarti pare gak bisa dimasak jadi macam-macam masakan lho. Hari ini FiberCreme_TV punya rekomendasi resep menarik dari. Kekayaan kuliner Indonesia memang sangatlah kaya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur pare bugis yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Pare Bugis memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Pare Bugis:
  1. Siapkan 1 bungkus kelapa
  2. Ambil 5 Bawang Merah
  3. Gunakan 3 Bawang Putih
  4. Ambil 2 lombok besar
  5. Gunakan 1/2 ruas jari klingking Jahe
  6. Ambil 1 batang serai
  7. Gunakan 1 lembar daum salam
  8. Sediakan 1 lembar daun jeruk purut
  9. Ambil 1 bgkus santan kara instan
  10. Gunakan 1 buah Pare/Paria
  11. Ambil 1 butir telur
  12. Gunakan Bahan isian pare :
  13. Siapkan 3 Bawang merah
  14. Sediakan 2 Bawang Putih
  15. Gunakan 1/2 sdt ketumbar
  16. Siapkan 1/2 sdt Merica bubuk
  17. Gunakan 1/2 ruang jari jahe

Bahasa Bugis dari palopo juga beda, apalagi di Pinrang ada Bugis Langnga yang dialeknya agak halus dan ucapannya. Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. Meskipun namanya Resep Kue Bugis namun ternyata kue ini bukan berasal dari Bugis, dan justru populer di daerah Jawa bahkan kita bisa menjumpai kue ini di pernikahan masyarakat Betawi.

Cara menyiapkan Sayur Pare Bugis:
  1. Potong sayur varia (pare) sebesar 3 ruas jari telunjuk anda. Lalu rebus. Hingga tengahx lembek dan bisa dikleuarkan isinya pakai tangkai sendok makan
  2. Siapkan bumbu isian : bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jahe silahkan di uleq. Lalu hasil uleq nya di masukin dikelapa
  3. Jika bumbu suda tercampur dgn kelapa beri 1 butir telur (sebagai perekat) agar jika bahan isian di masukan ke dalam lubang varia, isiannya tidak keluar ke kuah..oke..
  4. Jika bahan isian uda siap. Silahkan dimasukan ke lubang varia..tekan agar isian rapat dan g gampangnkeluar.
  5. Setelah selsai sisihkan lanjut ke bumbu kuah kuningnya (siapkan bahan) bawang merah, bawang putih, jahe, lombok besar (agar kuah tdk trlalu kuning kasi sentuhan merah dr lombok ini) jagn ambil biji lombok besarnya yah….. Setelah itu beri garam u/ mmpermudah proses uleq….lalu Geprek serai dan simpul seraix.
  6. Panas kan minyak goreng tumis bahan (pd langkah 5 diatas) turunkan serai dan daun jeruk juga daun salam, tambahkan air dan santan…aduk, lalu seimbangkan gula dan garam…
  7. Kuah diaduk terus hingga kunyit sbagain pewarna merata. Selsai deh. Selamat mencoba

Bahasa Bugis adalah bahasa yang digunakan etnik Bugis di SulawesiSelatan, yang tersebar di kabupaten sebahagian Kabupaten Maros, sebahagianKabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kota. Petua mudah untuk simpan sayur supaya kekal segar dan tidak layu walau sudah dibeli lebih dari seminggu. Namun bila dah banyak ni, macam mana. Hidangan sayur adalah hidangan wajib dalam menu di rumah ini. Rasa tak lengkap tanpa hidangan sayur.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur pare bugis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved