Resep Ayam Betutu Anti Gagal

Nancy Schwartz   04/09/2020 15:52

Ayam Betutu
Ayam Betutu

Lagi mencari inspirasi resep ayam betutu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam betutu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

In Bali, ayam betutu (or it's more upmarket cousin - bebek betutu) is a real treat. People often make it for special days or temple ceremonies in the same way people might roast a bird on a Sunday in the UK or the US. By wrapping the chicken in banana leaves, the moisture is kept in and the meat doesn't dry out.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam betutu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Betutu menggunakan 26 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam Betutu:
  1. Siapkan 1 Ekor Ayam (lebih bagus lagi pakai ayam kampung)
  2. Gunakan 1 Ikat Daun singkong
  3. Ambil Kacang tanah
  4. Siapkan Bumbu Halus
  5. Ambil sesuai selera Cabe rawit merah
  6. Sediakan 1 ruas kemiri
  7. Sediakan 1 ruas kunyit
  8. Siapkan 1 ruas lengkuas
  9. Gunakan 1 ruas jahe
  10. Siapkan Ketumbar
  11. Gunakan Bawang putih
  12. Gunakan Bawang merah
  13. Sediakan secukupnya Garam
  14. Siapkan secukupnya Gula
  15. Gunakan Bumbu Rajang
  16. Gunakan Sama seperti bumbu halus
  17. Sediakan Bumbu Kuah
  18. Siapkan Sama seperti bumbu halus & bumbu rajang
  19. Siapkan Sambal matah
  20. Gunakan Cabe Rawit Merah iris tipis
  21. Ambil Bawang merah iris tipis
  22. Siapkan Bawang putih iris tipis
  23. Siapkan Terasi bakar
  24. Gunakan Jeruk limo
  25. Gunakan Minyak kelapa
  26. Sediakan secukupnya Garam & gula

Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Authentically, chicken betutu was cooked by smothering and filling whole chicken with seasoning. And then, the chicken was wrapped in banana leaf, put into a hole in the ground and covered by rice husk charcoal and cooked for hours. Today, however, there are modification in the way of cooking chicken betutu.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Betutu:
  1. Bersihkan ayam. Cuci bersih daun singkong. Gunakan garam untuk meremas remas daun singkong hingga agak layu
  2. Siapkan bumbu halus dan bumbu rajang. Setelah bumbu halus jadi, campur dengan daun singkong lalu masukkan ke dalam perut ayam. Ikat kaki ayamnya menggunakan benang agar daun singkong tidak keluar saat dikukus. Gunakan air matang untuk membuat kuah nantinya
  3. Rajang bumbu, lalu balurkan ke ayam
  4. Masukkan ayam ke dalam panci kukusan. Kukus kurang lebih 2 jam dengan api kecil (untuk ayam kampung bisa lebih lama lagi, cek sesekali dengan menusuk sedikit dagingnya untuk melihat tingkat kematangan)
  5. Setelah ayam matang. Masukkan minyak ke wajan, setelah minyak panas, tumis bumbu kuah lalu tuangkan air untuk mengukus yang telah jadi kaldu. Masukkan ayam yang telah dikukus lalu sesekali dibulak balik hingga seluruh bumbu meresap lalu diamkan hingga mendidih. Setelah itu, angkat ayam dan taruh dimangkuk besar beserta kuah
  6. Goreng kacang tanah hingga matang. Setelah matang campurkan garam sedikit
  7. Sambal matah : campurkan seluruh bahan kecuali jeruk limo dan minyak kelapa. Remas2 hingga semua bahan tercampur dan meresap. Tuangkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan lalu teteskan perasan jeruk limo secukupnya
  8. Hidangkan bersama nasi panas.

People use oven instead rice husk. Ayam betutu tradisional dimasak dengan cara yang unik nan rumit, serta memakan waktu yang panjang. Tradisi mengolah betutu secara tradisional adalah ayam utuh dilapisi daun pinang lalu diberi bara sekam atau dikubur dalam tanah dengan bara sehingga menghasilkan temperatur panas tertentu. Kalau ingin membuay ayam betutu dengan cara modern, ikuti resep dan tipsnya berikut ini. Resep Ayam Betutu - Bali merupakan pulau penuh kekayaan baik dari alamnya, kebudayaan, penduduk yang beragam, dan juga bidang kulinernya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam betutu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved