Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cumi Sambal Ijo yang Enak Banget

Ralph Hudson   21/11/2020 13:45

Cumi Sambal Ijo
Cumi Sambal Ijo

Sedang mencari ide resep cumi sambal ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cumi sambal ijo yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Cumi sambal ijo enak lainnya. resep cumi terong sambal ijo. manusia harian yg simpel yg bikin nagih mom. cumi terong sambel ijo ini masak nya simpel dan mudah lo mom. silahkan coba res. Goreng baby cumi memakai minyak bekas menggoreng cabai, lalu tambahkan cabai rawit merah, daun jeruk dan cabai ijo yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian tambahkan gula, garam dan pete, terakhir beri perasan jeruk nipis, aduk rata.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cumi sambal ijo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cumi sambal ijo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cumi sambal ijo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cumi Sambal Ijo menggunakan 8 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cumi Sambal Ijo:
  1. Ambil 250 gr Cumi
  2. Sediakan 1/2 Jeruk Nipis
  3. Sediakan Secukupnya Garam/royco/masako dan Gula
  4. Siapkan Secukupnya Minyak Goreng
  5. Gunakan Bumbu Halus
  6. Gunakan 5 Siung Bawang Merah
  7. Siapkan 3 Buah Cabai Hijau Kecil
  8. Siapkan 5 Buah Cabai Hijau Besar

Sambal cumi asin cabai ijo. foto: Instagram/@siska_dewi_lestari. Masih nyisa cabe ijonya.daripada ntr kering atau busuk. Pagi tadi pegi kepasar beli cumi. Cumi asin akan semakin lezat jika diolah pedas.

Cara membuat Cumi Sambal Ijo:
  1. Bersihkan cumi, buang tulangnya. Beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Diamkan sebentar lalu bilas. Kemudian potong sesuai dengan keinginan jika tidak ingin terlalu besar.
  2. Haluskan bawang Merah. Kalau saya tidak pakai bawang putih, karna nanti memberi bau langu yang kuat kalau dibarengi dengan cabai hijau. Dan untuk menghaluskan bumbunya, kalau saya lebih mudah pakai blender bumbu. Haluskan juga Cabai Hijau Besar dan Kecil dengan cara yang sama.
  3. Panaskan Teflon/Wajan, beri minyak Goreng Secukupnya. Setelah panas, masukkan bawang merah yang sudah dihaluskan tadi, aduk sampai wangi.
  4. Setelah wangi, masukkan cabai hijau yang sudah dihaluskan juga tadi. Aduk hingga warna hijaunya sedikit tua.
  5. Masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan dipotong tadi. Aduk hingga cumi dan bumbu menyatu. Masukkan garam/rocyo/masako dan gula secukupnya.
  6. Masak dengan api kecil. Tunggu hingga cumi matang dan warna cabainya menjadi hijau tua kehitaman.
  7. Matikan kompor, siap disajikan.

Olahan cumi asin cabai hijau adalah salah satunya. Rasa asin gurih dari cumi asin bercampur dengan pedasnya cabai hijau benar-benar bikin ketagihan saat dicampur dengan nasi panas. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Sambal ala Indonesia ini sangat banyak sekali macam dan jenisnya, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal bawang & tentunya masih banyak lagi sambal unik lainnya. Lihat juga resep Baby Cumi Pete Sambal Ijo enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cumi sambal ijo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved