Resep Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete yang Menggugah Selera

Ernest Frank   29/06/2020 16:44

Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete
Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal balado udang telur puyuh pete yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal balado udang telur puyuh pete yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal balado udang telur puyuh pete, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal balado udang telur puyuh pete yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sambal goreng telur puyuh dan udang pete enak lainnya. Hampir semua bahan makanan bisa anda sajikan dengan bumbu sambal khas Minang ini. Agar sambalado bisa membalut dan menempel sempurna, anda sebaiknya menggoreng dulu telur hingga agak kering dan keriput bagian luarnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal balado udang telur puyuh pete sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete menggunakan 11 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete:
  1. Sediakan 500 gram Udang Laut
  2. Ambil 10 butir telur puyuh direbus ya bunda
  3. Siapkan 1 papan petai dikupas bagi dua dipisah dari Kulit ari
  4. Ambil 1 buah jeruk nipis diperas ya bunda
  5. Sediakan 1 sdm gula aren
  6. Sediakan secukupnya Garam
  7. Gunakan Bumbu-bumbu yang dihaluskan
  8. Siapkan 15 buah cabe merah keriting
  9. Sediakan 5 siung bawang merah
  10. Gunakan 2 siung bawang putih
  11. Gunakan 1 buah tomat

Ditambah telur mata sapi dan kerupuk, makin enak dimakan hangat. Balado merupakan sambal dalam hidangan Minang. Bisa udang, ayam, dendeng atau terung hingga jengkol. Rasa pedas menggigit jadi ciri khasnya.

Cara membuat Sambal Balado Udang Telur Puyuh Pete:
  1. Pertama-tama udang dikupas, dibersihkan kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Lalu diamkan Kurleb 5 menit.
  2. Kulit dan kepala udang tidak saya buang ya bunda. Rebus hingga mendidih saring dan airnya bisa jadi kaldu penyedap makanan lauknya.
  3. Panaskan wajan masukkan minyak goreng udang setengah matang, angkat sisihkan.
  4. Setelahnya goreng telur puyuh. Angkat sisihkan.
  5. Masukkan seluruh bumbu yang sudah dihaluskan kedalam wajan yang berisi minyak Panas. Masak bumbu sampai mengeluarkan aroma, masukkan garam dan gula aren.
  6. Setelah rasa sambal ya 👌 kecilkan kompor masukkan sedikit air rebusan kulit udang sekitar 100 ml tambahkan petai tunggu hingga petai layu.kemudian masukkan udang dan telur puyuh.
  7. Koreksi kembali rasa. Tunggu hingga sambalnya meresap.
  8. Setelah semua bahan tercampur rata dan sambal mulai mengering. Angkat dan sajikan
  9. Silahkan mencoba bunda 😊

Membuat udang pete balado tidaklah sulit. Anda cukup melumuri udang dengan garam dan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Anda juga bisa menambahkan telur puyuh ataupun potongan kentang goreng. Udang yang cocok untuk digunakan membuat hidangan ini adalah udang yang berukuran sedang. Jadi kepikiran buat Udang balado pete deh.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal balado udang telur puyuh pete yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved