Langkah Mudah untuk Membuat Sayur pare Anti Gagal

Susan Ryan   17/10/2020 10:39

Sayur pare
Sayur pare

Lagi mencari ide resep sayur pare yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur pare yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur pare, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur pare enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Peria atau pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur pare sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur pare memakai 9 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur pare:
  1. Siapkan 2 buah pare
  2. Siapkan 2 buah bawang putih
  3. Gunakan 3 buah bawang merah
  4. Siapkan Cabai rawit sesuai selera aja bunda
  5. Gunakan Garam
  6. Siapkan Gula
  7. Ambil Micin
  8. Sediakan Kaldu ayam
  9. Siapkan Kecap

Namun yang menjadi permasalahan adalah banyak yang tidak gemar mengkonsumsi sayur pare karena memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit pada sayuran ini memang sangat melekat terlebih jika cara penyajiannya hanya dijadikan sebagai lalapan dan […] Kategori ini berisi aneka macam resep sayur dan tumis pare. Meskipun pare terkenal sebagai sayur yang memiliki rasa pahit, tetapi diolah dengan resep dan bumbu pilihan serta kekreatifan ketika berada di dapur maka hidangan yang didapatkan pun lebih enak dan nikmat, seperti halnya resep yang kami sajikan pada kategori kali ini. Yuk sajikan sayur atau tumis pare di meja makan untuk melengkapi.

Cara membuat Sayur pare:
  1. Pertama2 siapkan pare,potong lalu bersihkan biji.nya
  2. Iris tipis2 parenya bun
  3. Setelah itu taroh ember kasih garam sedikit,lalu remas2 pare cuci bersih…(tujuannya sih biar sarinya keluar biar gak pait ya bun)
  4. Setelah itu,ulek bumbunya tadi,kasih garam,gula,dan micin sampai halus ya bun
  5. Lalu tumis bumbu.nya jagan lupa kasih minyak sedikit ya buat numis sampai harum ya,lalu masukkan pare tadi jgan lupa kasih kaldu ayam sama kecap(yang gak suka pakai kecap jg gak di kasih gak masalah)
  6. Jika sudah,jgan terburu2 angkat ya bun tutup aja dulu sama tutup panci tunggu sampai empuk dan matang,matikan kompor dan selesai deh🤗
  7. Selamat mencoba bunda😘

Pare memang dikenal memiliki rasa pahit dan sehingga sebagian orang takut mengonsumsinya. Namun, ada caranya lho untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit dari pare. Dengan resep tumis pare berikut, sajian pare akan jadi masakan super lezat, nikmat juga bikin nagih. Manfaat sayur pare disebut bisa memperbaiki proses pencernaan gula yang ada dalam jaringan tubuh dan menghasilkan insulin, hormon pengatur kadar gula darah. Perlu diingat, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan, untuk membuktikan efektivitas pare dalam menurunkan kadar gula darah, pada populasi responden yang lebih umum.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur pare yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved