Resep Ayam Kuah Betutu Anti Gagal

Benjamin Tucker   23/10/2020 20:35

Ayam Kuah Betutu
Ayam Kuah Betutu

Sedang mencari ide resep ayam kuah betutu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam kuah betutu yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Betutu Goreng Sumber Gambar: Easy Food Recipe. Selanjutnya, ada resep ayam betutu goreng yang sangat sederhana namun tetap penuh rasa. Resep ini sangat mudah dan bisa dinikmati semua orang sebagai pendamping sempurna nasi hangat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam kuah betutu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam kuah betutu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam kuah betutu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Kuah Betutu menggunakan 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Kuah Betutu:
  1. Sediakan 650 gr ayam (1/2 ekor ayam) potong",cuci bersi,tiriskan
  2. Gunakan 5 lonjor kacang panjang, potong"
  3. Ambil Sesuai selera cabe rawit merah utuh
  4. Sediakan 700 ml air
  5. Siapkan Secukupnya garam,gula dan kaldu bubuk bila suka
  6. Sediakan 🧄 Bumbu Halus :
  7. Siapkan 6 buah bawang merah
  8. Ambil 3 siung bawang putih
  9. Gunakan Sesuai selera cabe rawit
  10. Sediakan 1/2 sachet terasi bakar
  11. Siapkan 2 ruas kunyit bakar
  12. Ambil 1 sdm ketumbar, sangarai
  13. Sediakan 1 sdm merica butiran, sangrai
  14. Ambil 3 butir kemiri goreng
  15. Ambil 2 ruas lengkuas
  16. Ambil 1 ruas jahe
  17. Siapkan 1 ruas kencur
  18. Sediakan 🍃 Bumbu Cemplung :
  19. Sediakan 3 batang serai, iris halus
  20. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  21. Siapkan 3 lembar daun salam

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Betutu Kuah Bali Spesial Resep Ayam Betutu Kuah www.unileverfoodsolutions.co.id. Jika di atas telah dijelaskan cara memasak ayam betutu bakar, maka lain lagi dengan resep di bawah ini. Di bawah akan disajikan sesuatu yang berkuah bagi Anda yang menyukai makanan berkuah namun tetap dengan rasa yang mantap betul. Bahan yang Anda butuhkan Salah satu kuliner khas Bali yang cukup populer namanya adalah ayam betutu, baik itu ayam betutu kuah maupun ayam betutu goreng.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Kuah Betutu:
  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu cempung, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan ayam, garam, gula dan kaldu bubuk, tutup pancinya. Masak hingga ayam empuk dan kuah menyusut. Koreksi rasa.
  4. Bila rasa sudah pas dan bumbu sudah meresap tambahkan kacang panjang dan cabe rawit utuh aduk rata,masak hingga kacang panjang layu,lalu matikan api kompor.
  5. Sajikan hangat". Rempahnya berasa sekali. Yummy 👌

Ayam betutu biasanya dibuat dari ayam jantan utuh atau bebek. Setelah itu disajikan bersama pelengkap seperti lawar pegagan, sambal matah, kacang goreng, dan atau plecing kangkung. Resep Ayam Betutu Kuah Gilimanuk Spesial Lezat - Betutu merupakan masakan khas Bali dari olahan daging ayam atau daging bebek dengan bentuk utuh tanpa dipotong-potong dan dimasak dengan campuran bumbu betutu. Proses memasaknya dapat dilakukan dengan cara dipanggang dan atau direbus sehingga berkuah. Ayam betutu kuah menjadi kuliner sedap khas Gilimanuk, Bali yang bisa menjadi pilihan sajian.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam kuah betutu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved