Langkah Mudah untuk Membuat Sambel Cumi Asin Cabe Ijo, Bisa Manjain Lidah

Mario Keller   06/11/2020 19:40

Sambel Cumi Asin Cabe Ijo
Sambel Cumi Asin Cabe Ijo

Anda sedang mencari ide resep sambel cumi asin cabe ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel cumi asin cabe ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Episode masak kali ini aku sharing cara membuat sambal cabe ijo cumi asin! Menu ini juga bisa buat menu jualan gitu guys! Cumi asin sambal cabe ijo Sambal cabe ijo aja dah enak, apalagi ditambahin cumi asin gini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel cumi asin cabe ijo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambel cumi asin cabe ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambel cumi asin cabe ijo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambel Cumi Asin Cabe Ijo menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambel Cumi Asin Cabe Ijo:
  1. Siapkan 300 gram cumi asin (boleh baby cumi atau cumi telor) potong2
  2. Ambil 20 buah cabe hijau keriting potong2
  3. Ambil 20 buah cabe rawit merah potong2
  4. Ambil 10 butir bawang merah iris tipis
  5. Sediakan 6 butir bawang putih iris tipis
  6. Sediakan 4 butir tomat hijau potong2
  7. Ambil 5 cm lengkuas geprek
  8. Sediakan 1 sendok makan saus tiram
  9. Ambil 1 sendok teh merica bubuk
  10. Sediakan 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  11. Siapkan secukupnya Garam + Gula
  12. Ambil Minyak untuk menumis

Berikut resep sambal cumi asin cabe ijo, yang dilansir TribunStyle dari akun Instagram @berbagiresep. Cumi asin selalu menjanjikan sajian gurih yang khas. Ditambah sambal cabe ijo dan petai, kelezatannya makin sempurna. kaldu bubuk, secukupnya (optional). Biasanya sambal cabe ijo ini disajikan sebagai pelengkap hidangan masakan gula pasir secukupnya. minyak goreng secukupnya.

Langkah-langkah menyiapkan Sambel Cumi Asin Cabe Ijo:
  1. Cuci bersih cumi, lalu rebus dgn air mendidih sampai empuk. Angkat san tiriskan. Kalau pakai cumi yg masih agak basah cuma 10-15 menit udah empuk. Kalau pakai cumi yg kering banget bs ampe sejam.
  2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak goreng. Tumis semua bumbu (cabe, bawang, lengkuas) sampai wangi, baru masukkan cumi asin yg sudah direbus. Aduk rata.
  3. Masukkan tomat hijau, aduk rata, tambahkan sedikit air agar bumbu meresap. Masak selama 10-15 menit.
  4. Tambahkan saus tiram, garam, gula, kaldu bubuk dan merica, tes rasa. Angkat dan hidangkan dengan nasi hangat. Warning : gagal diet bukanlah menjadi tanggung jawab penulis resep. Selamat makaaaannn.. 😊

Ambil cabe hijau besar, cabe rawit. I've been making sambal ijo with roasted jalapeno and they turn out GREAT too. Recently, a good friend of mine asked me if I knew of a green sambal recipe that usually eaten with Nasi padang. Sambal cabe ijo merupakan salah satu sambal yang mempunyai banyak penggemar. Bahan utama yang digunakan yaitu cabe ijo yang dimix dengan bawang puti dan dicampur dengan garam, serta sedikit penyedap (bila perlu) kemudian dituang dengan minyak panas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambel cumi asin cabe ijo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved