Cara Gampang Menyiapkan Sayap Ayam Betutu Anti Gagal

Rosa West   18/12/2020 21:50

Sayap Ayam Betutu
Sayap Ayam Betutu

Lagi mencari ide resep sayap ayam betutu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayap ayam betutu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

In Bali, ayam betutu (or it's more upmarket cousin - bebek betutu) is a real treat. People often make it for special days or temple ceremonies in the same way people might roast a bird on a Sunday in the UK or the US. By wrapping the chicken in banana leaves, the moisture is kept in and the meat doesn't dry out.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayap ayam betutu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayap ayam betutu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayap ayam betutu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayap Ayam Betutu memakai 23 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayap Ayam Betutu:
  1. Gunakan 250 gr Sayap Ayam
  2. Siapkan 1 sdm Kaldu Jamur
  3. Siapkan 1 sdt Gula Pasir
  4. Sediakan 1 cm Kunyit (haluskan u/ungkep ayam)
  5. Sediakan Secukupnya Air
  6. Gunakan Secukupnya Minyak Goreng
  7. Ambil Bumbu Halus Ayam
  8. Sediakan 1 sdt Ketumbar
  9. Siapkan 1 btr Kemiri
  10. Ambil 2 cm Kunyit
  11. Siapkan 2 bh Cabe Kriting Merah
  12. Gunakan 1/4 sdt Terasi Udang (Bakar)
  13. Sediakan 1/2 sdt Merica Bubuk
  14. Sediakan Iris Bumbu Rajang / Uleg Kasar /
  15. Gunakan 3 siung Bawang merah
  16. Gunakan 2 siung Bawang Putih
  17. Gunakan 1 cm Lengkuas
  18. Gunakan 1 cm Kencur
  19. Sediakan 1 cm Kunyit
  20. Ambil 1 cm Jahe
  21. Sediakan 3 bh Cabe Rawit Hijau (iris)
  22. Gunakan 1 bh Cabe Rawit Merah (iris)
  23. Siapkan 2 btg Serai

Makanan yang bercita rasa pedas dan gurih tentunya menjadi favorit banyak orang. Jika termasuk salah satunya, anda bisa mencoba menyajikan ayam betutu. Bumbunya yang meresap serta tekstur daging ayam yang empuk membuatnya jadi lezat. Hidangan khas Bali ini menggunakan banyak bumbu rempah, diantaranya adalah lengkuas, kunyit, dan kencur.

Cara membuat Sayap Ayam Betutu:
  1. Cuci bersih daging ayam. Panaskan air sampai mendidih. Masukkan daging ayam dan kunyit yg sudah dihaluskan. Ungkep kurleb 5menit sampai aga lunak. Angkat dan tiriskan.
  2. ✔ Siapkan daging ayam yg sudah diungkep tadi - ✔ Haluskan bumbu halus dng blender (sesuai selera) - ✔ siapkan bumbu rajang / uleg (disesuaikan dng selera)
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu sampai matang. Lalu masukkan bumbu uleg kasar dan irisan cabe, tumis kembali.
  4. Masukkan daging ayam, aduk rata. Tambahkan gula dan kaldu jamur.
  5. Tambahkan air secukupnya, lalu masak kembali sampai daging empuk dan bumbu meresap.
  6. Siap sajikan.

Sejak saat itulah, ayam betutu kemudian tersebar di seluruh wilayah Bali dan bisa dinikmati kapan saja. Biasanya, ayam betutu dihidangkan dengan beberapa. Ayam betutu kemudian disajikan dengan cara dibelah pada bagian perut hingga daerah tempat tembolok, kemudian kedua belah dada ditarik ke samping. Satu paket ayam betutu biasanya dihidangkan bersama dengan sambal matah, kacang dan sayur. Lihat juga resep Ayam Betutu enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayap ayam betutu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved