Resep Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi) Anti Gagal

Antonio Rivera   15/07/2020 05:19

Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi)
Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi)

Lagi mencari inspirasi resep sayur parebi (pare & daun ubi) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur parebi (pare & daun ubi) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur parebi (pare & daun ubi), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur parebi (pare & daun ubi) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Peria atau pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur parebi (pare & daun ubi) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi) memakai 8 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi):
  1. Ambil Daun Ubi (*sesuai kebutuhan satu kali masak)
  2. Gunakan Pare/ Paria*
  3. Gunakan 1 siung bawang merah
  4. Ambil 1 siung bawang putih
  5. Sediakan Tomat
  6. Siapkan Bawang daun
  7. Gunakan Garam
  8. Siapkan Gula (bisa diganti penyedap jamur dll)

Namun yang menjadi permasalahan adalah banyak yang tidak gemar mengkonsumsi sayur pare karena memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit pada sayuran ini memang sangat melekat terlebih jika cara penyajiannya hanya dijadikan sebagai lalapan dan […] Kategori ini berisi aneka macam resep sayur dan tumis pare. Meskipun pare terkenal sebagai sayur yang memiliki rasa pahit, tetapi diolah dengan resep dan bumbu pilihan serta kekreatifan ketika berada di dapur maka hidangan yang didapatkan pun lebih enak dan nikmat, seperti halnya resep yang kami sajikan pada kategori kali ini. Yuk sajikan sayur atau tumis pare di meja makan untuk melengkapi.

Langkah-langkah membuat Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi):
  1. Siapkan pare, cuci bersih lalu iris dengan potongan yang disukai, keluarkan bijinya (tidak akan dimasak) saran irisan: dibelah dua lalu diiiris tipis
  2. Siapkan daun ubi, cuci bersih
  3. Kupas bawang merah, bawang putih, bawang daun, cuci bersih lalu iris sesuai selera kamu
  4. Setelah semua bahan siap, panaskan minyak sayur dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih.
  5. Setelah wangi (warna sesuai kesukaan) masukkan air untuk kuah sayur. Jumlah air bebas, sesuai yang diinginkan. Didihkan
  6. Masukkan pare/ Paria, setelah jeda 1 menit, masukkan daun ubi dan tomat
  7. Jika dirasa sudah matang versi kamu, silakan angkat dan tiriskan. Tambahkan gula, garam dan daun bawang secukupnya
  8. Sayur parebi (pare dan daun ubi) siap dihidangkan, selamat mencobaa

Pare adalah tanaman yang merambat, buahnya menyerupai mentimun akan tetapi memiliki kulit yang keriput dan rasa yang khas, pahit. Pare ternyata banyak jenisnya dan tumbuh subur di beberapa negara termasuk Indonesia. Pare gajih: jenis Pare yang paling banyak dibudidayakan dan paling. Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan - Buah Pare adalah Buah pahit yang berbentuk bulat memanjang dan memiliki bagian yang berbintil-bintil tidak beraturan. Buah Pare biasanya dipanen sebelum matang, karena buah Pare yang matang akan menjadi semakin pahit.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Parebi (Pare & Daun Ubi) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved