Resep Tahu Pare Sayur Asin Anti Gagal

Jose McDonald   07/10/2020 18:30

Tahu Pare Sayur Asin
Tahu Pare Sayur Asin

Lagi mencari ide resep tahu pare sayur asin yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tahu pare sayur asin yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya juga menyegarkan. Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem Sayur asem cocok dihidangkan bersama nasi, lauk tempe, tahu goreng atau ikan asin serta sambal terasi, pada cuaca panas terik.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tahu pare sayur asin, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tahu pare sayur asin enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat tahu pare sayur asin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Tahu Pare Sayur Asin menggunakan 9 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Tahu Pare Sayur Asin:
  1. Sediakan 2 blok tahu (potong dadu)
  2. Ambil 1 buah pare ukuran sedang (iris tipis2)
  3. Siapkan 4 lembar sayur asin (iris tipis2)
  4. Ambil 2 siung bawang putih (geprek, cincang halus)
  5. Sediakan 3 siung bawang merah (potong2)
  6. Ambil 100 ml air
  7. Sediakan 1 sdm saus tiram
  8. Sediakan 1 sdt lada, gula dan garam
  9. Siapkan Secukupnya kecap manis

Bahkan meskipun anda belum pernah mencicipinya sama sekali tetapi dijamin anda. Sayur asem Jawa Timur ini rasanya paling ringan dibandingkan dengan sayur asem yang lainnya. Kuahnya bening dan rasanya tidak kalah segar dengan sayur bening lainnya. Kuliner ini biasanya disajikan bersama ikan asin, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal terasi.

Cara membuat Tahu Pare Sayur Asin:
  1. Iris pare tipis2, lalu cuci irisan pare sekitar 4-5 kali, rendam dalam air garam sembari menyiapkan bahan2 yg lain. (Tujuan: agar rasa getir dan pahit parenya berkurang).
  2. Panaskan minyak dlm wajan, tumis bawang merah dan putih hingga harum dan kecoklatan.
  3. Masukkan pare, oseng2 sebentar, tuangkan air dan oseng2 lagi.
  4. Bumbui dengan lada, gula, garam, saus tiram dan kecap manis. Aduk2 hingga tercampur rata.
  5. Masukkan sayur asin dan tahu. Oseng2 lagi hingga merata. Tunggu hingga mendidih dan air agak menyusut.
  6. Sajikan Tahu Pare Sayur Asin 😋.

Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Cara masak & membuat kuah segar ini sangat sederhana. Ngomongin resep masak sayur asem, yang pertama ini adalah resep sayur asem bening dengan Sajian ini lebih pas jika dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat, cumi asin ataupun ikan asin. Mudah & Praktis, Resep Sayur Asin Tahu Jadul Ini Cocok untuk Buka Puasa. Sayur asin sebutan untuk sayuran sawi fermentasi yang banyak ditemui pada masakan khas Betawi dan Peranakan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat tahu pare sayur asin yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved