Cara Gampang Menyiapkan Cake Coklat Pisang Anti Gagal

Cordelia Walsh   04/12/2020 02:10

Cake Coklat Pisang
Cake Coklat Pisang

Anda sedang mencari inspirasi resep cake coklat pisang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cake coklat pisang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cake coklat pisang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cake coklat pisang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cake coklat pisang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cake Coklat Pisang menggunakan 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cake Coklat Pisang:
  1. Ambil 245 gr terigu protein sedang/ terigu serbaguna
  2. Ambil 300 gr gula pasir
  3. Siapkan 75 gr coklat bubuk (sy: bendsrop)
  4. Siapkan 2 sdt baking powder
  5. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk / 1 sdt vanili extract
  6. Gunakan 1/2 sdt garam
  7. Ambil 2 butir telor ukuran besar
  8. Siapkan 400 gr pisang kepok/raja/ambon(kurleb 5-6pisang sedang,lumatkan)
  9. Gunakan 240 ml air hangat
  10. Ambil 120 ml susu cair
  11. Sediakan 120 gr mentega/ margarin cair/ minyak sayur
  12. Siapkan Taburan:
  13. Sediakan Keju Cheddar parut
Langkah-langkah membuat Cake Coklat Pisang:
  1. Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula hingga tercampur. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan taburi dgn keju dan chocochips, panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi kita tusukkan ke tengah cake. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin kurleb 10 menit,lalu Keluarkan dari loyang, dan lepaskan kertas minyak cake siap di sajikan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cake coklat pisang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved