Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Betutu Khas Bali 🐔 yang Enak Banget

Noah Luna   06/11/2020 09:45

Ayam Betutu Khas Bali 🐔
Ayam Betutu Khas Bali 🐔

Anda sedang mencari ide resep ayam betutu khas bali 🐔 yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu khas bali 🐔 yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam betutu khas bali 🐔, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam betutu khas bali 🐔 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Sajian ayam khas Bali ini bisa dimasak dengan cara modern yang lebih praktis tanpa mengurangi kelezatannya. Bumbu komplet bikin ayam ini makin sedap. Selain nasi Bali dan bebek goreng.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam betutu khas bali 🐔 yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Betutu Khas Bali 🐔 menggunakan 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Betutu Khas Bali 🐔:
  1. Ambil 1 ekor baby ayam (500gr)
  2. Siapkan 1 sdm garam
  3. Siapkan 1 sdt penyedap rasa
  4. Sediakan 1/4 sdt gula putih
  5. Sediakan 1 buah terasi ABC (matang)
  6. Ambil 1 buah jeruk nipis
  7. Siapkan 30 ml minyak goreng untuk menumis
  8. Siapkan 500 ml air
  9. Siapkan Bumbu halus
  10. Siapkan 3 butir kemiri
  11. Siapkan 3 buah cabe merah besar
  12. Siapkan 15-20 buah cabe rawit
  13. Ambil 3 buah cabe merah keriting
  14. Ambil Bumbu iris
  15. Ambil 2 cm jahe
  16. Gunakan 2 cm kencur
  17. Ambil 3 cm lengkuas
  18. Sediakan 2 batang serai
  19. Ambil 10 siung bawang putih
  20. Gunakan 15 buah bawang merah

Dulunya, hidangan ini hanya disajikan saat upacara adat. Ayam betutu tradisional dimasak dengan cara yang unik nan rumit, serta memakan waktu yang panjang. Tradisi mengolah betutu secara tradisional adalah ayam utuh dilapisi. "Betutu kalau orang Bali bilang, 'be' itu ayam atau daging gitu, 'tutu' itu masakan yang masih kering lalu direbus 'nyat-nyat'" jelas Putu. Pengolahan betutu sendiri sangat khas jadi diberi lapisan pembungkus daun pinang, lalu diberi bara sekam, kemudian dimasukan ke dalam tanah dari batu-batu yang sudah di panaskan.

Cara membuat Ayam Betutu Khas Bali 🐔:
  1. Siapkan bumbu iris dan bumbu halus, sisihkan
  2. Marinasi ayam dengan air jeruk nipis, diamkan sambil kita menyiapkan bahan yang lain
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan bumbu iris sampai harum
  4. Kemudian Tambahkan air ke dalam tumisan bumbu, biarkan mendidih. Cuci lagi ayam yang telah dimarinasi dengan air jeruk nipis kemudian masukkan kedalam air bumbu
  5. Kemudian masukkan garam, penyedap rasa, gula, dan terasi, aduk merata. Masak ± 40 menit sampai air menyusut

Resep Ayam Betutu Khas Bali, Bumbunya Meresap, Empuk, dan Bikin Nagih! Tanpa perlu pergi ke Pulau Dewata, kita bsia membuat Ayam Betetu khas Bali ini. Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali - Betutu merupakan salah satu hidangan khas Bali yang menggunakan ayam atau bebek sebagai bahan utamanya, lalu diberi bumbu khas Betutu. Cara Membuat Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Zaman dahulu, proses pembuatan Ayam Betutu cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam betutu khas bali 🐔 yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved