Resep Sambal Hijau Padang dengan Cumi yang Lezat

Erik Oliver   25/06/2020 04:03

Sambal Hijau Padang dengan Cumi
Sambal Hijau Padang dengan Cumi

Lagi mencari ide resep sambal hijau padang dengan cumi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal hijau padang dengan cumi yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bagi pecinta maskan padang pasti sudah tidak asing lagi mendengar menu yang satu ini. Lihat juga resep Sotong Lado Mudo enak lainnya. Resep Sambal Cabe Hijau Padang asli bikin makan tambah selera karena pedasnya mantap.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal hijau padang dengan cumi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal hijau padang dengan cumi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal hijau padang dengan cumi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Hijau Padang dengan Cumi menggunakan 7 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Hijau Padang dengan Cumi:
  1. Ambil 20 Cabe hijau keriting
  2. Ambil 2 buah tomat hijau
  3. Siapkan 4 cabe rawit setan (disesuaikan dengan level pedes kamu ya)
  4. Sediakan 4 siung bawang merah (ga perlu diiris, cukup dikupas)
  5. Ambil 6 ekor cumi asin besar, dibersihkan kulitnya, lalu direbus 5 menit sampai kulitnya putih bersih. Tiriskan lalu potong kecil kecil
  6. Ambil Secukupnya Garam, gula, dan kaldu jamur
  7. Ambil Secukupnya Minyak goreng

Nah, bagi kamu yang suka dengan sambal ijo seperti di rumah makan Padang, kamu tidak perlu membelinya, lho. Cara membuatnya: - Rendam cumi dengan air panas. Sambal hijau ini kerap dijumpai di rumah makan Padang. Nah kamu bisa membuatnya sendiri lho.

Cara menyiapkan Sambal Hijau Padang dengan Cumi:
  1. Rebus cabe hijau, tomat hijau, cabe setan, dan bawang sampai lumayan layu.
  2. Setelah cukup layu, disaring dan ditaruh di ulekan. Kemudian diulek kasar
  3. Panaskan minyak untuk menumis. Kalau mau yg sangat berminyak kayak restoran padang, minyaknya dibanyakin
  4. Tumis hasil ulekan tadi, sampai kira 2 sampai 3 menit
  5. Masukan cumi yang sudah direbus dan dibersihkan tadi
  6. Tambahkan kaldu jamur, gula, dan garam lalu tumis hingga merata. Komposisinya garam plus kaldu jamur dua kali dari gula. Karena sambel hijau ini lebih enak kalau asin.
  7. Selesai, tuang ke mangkuk. Sajikan dengan penuh cinta.

Resep sambal hijau - Makan makanan pedas sensasinya memang beda. Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, masakan jika tidak dilengkapi dengan Apalagi jika disajikan menjadi sambal hijau ikan asin. Rasa asin yang bercampur dengan pedasnya cabai hijau, membuat siapapun akan tergoda. Cumi-cumi dalam saus Padang yang menggugah selera dan sedap. Silahkan klik link di bawah ini: Tumis Cumi-Cumi Asam Pedas Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau Sambal Cumi-Cumi Petai Ekstra Pedas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal hijau padang dengan cumi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved