Resep Ayam Betutu yang Enak

Albert Hawkins   13/09/2020 04:36

Ayam Betutu
Ayam Betutu

Sedang mencari ide resep ayam betutu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam betutu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam betutu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

In Bali, ayam betutu (or it's more upmarket cousin - bebek betutu) is a real treat. People often make it for special days or temple ceremonies in the same way people might roast a bird on a Sunday in the UK or the US. By wrapping the chicken in banana leaves, the moisture is kept in and the meat doesn't dry out.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam betutu yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Betutu memakai 19 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Betutu:
  1. Gunakan 4 potong ayam
  2. Ambil 300 ml air
  3. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis
  4. Ambil Secukupnya bawang goreng sebagai taburan
  5. Ambil Bumbu Halus
  6. Gunakan 7 siung bawang merah
  7. Gunakan 4 siung bawang putih
  8. Gunakan 10 buah lombok
  9. Sediakan 3 batang sereh (potong kecil)
  10. Ambil 1/4 bagian kencur
  11. Siapkan 3 butir kemiri
  12. Sediakan Bumbu Bubuk (bisa pake bumbu tidak bubuk)
  13. Ambil 1 sdm kunyit bubuk
  14. Gunakan 2 sdm lengkuas bubuk
  15. Gunakan 1 sdm ketumbar bubuk
  16. Sediakan 1 sdm jahe bubuk
  17. Siapkan Secukupnya gula
  18. Ambil Secukupnya garam
  19. Gunakan Secukupnya merica

Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Ayam betutu, sajian Pulau Dewata kini telah merambah ke beberapa kota besar di Indonesia. Baca juga: Ayam Betutu Punya Bumbu Rahasia, Mau Tahu? Makanan ini biasanya menggunakan ayam dan bebek.

Cara membuat Ayam Betutu:
  1. Siapkan semua bahan. Bersihkan ayam dan haluskan bahan bumbu halus.
  2. Panaskan minyak, lalu masukan bumbu yang telah dihaluskan serta tambahkan bumbu bubuk. Tumis hingga bumbu kering.
  3. Tambahkan air ke dalam bumbu serta potongan ayam. Masak hingga ayam melunak dan bumbu meresap ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan gula, garam dan merica untuk mempertegas rasa.
  4. Bila sudah matang, hidangkan ayam betutu dengan nasi hangat dan beri taburan bawang goreng 😋

Hasil akhirnya tekstur daging yang empuk dan dipenuhi bumbu cabai dan base genep khas Bali. Kalau ingin membuay ayam betutu dengan cara modern, ikuti resep dan tipsnya berikut ini. Resep cara membuat ayam betutu, salah satu olahan kaya rempah asli khas Indonesia. Rasa bumbu yang menyerap itu, benar-benar enak sekali. Untuk menikmati hidangan yang satu ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali ya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam betutu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved