Resep Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) yang Bisa Manjain Lidah

Lily Coleman   15/07/2020 06:16

Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga)
Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga)

Lagi mencari inspirasi resep bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di manado susah sekali nyari bebek, apalagi bebek bumbu hitam khas Madura atau bebek Madura. Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan modifikasi masak biar gak perlu kasih mi. Selain bebek goreng, olahan bebek lainnya juga selalu dinanti pencinta kuliner.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) menggunakan 25 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga):
  1. Gunakan 1 ekor bebek
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  3. Ambil 1 sendok makan garam
  4. Gunakan Menghilangkan bau amis
  5. Gunakan 12 siung bawang merah
  6. Siapkan 10 siung bawang putih
  7. Siapkan 3 ruas jari kunyit
  8. Siapkan 3 ruas jari lengkuas
  9. Siapkan Sejumput kemiri
  10. Sediakan Sejumput ketumbar
  11. Gunakan 1/4 potong pala
  12. Siapkan 1 buah asam
  13. Siapkan 1 ruas jari jahe
  14. Siapkan Sejumput merica
  15. Ambil Bumbu halus
  16. Siapkan 1 liter air kelapa
  17. Siapkan 5 lembar daun jeruk
  18. Gunakan 5 lembar daun salam
  19. Sediakan 3 buah serai
  20. Sediakan Untuk rebusan + ungkeb
  21. Ambil 1 buah mangga setengah matang
  22. Sediakan 1 ons cabe domba
  23. Gunakan Garam
  24. Sediakan Gula
  25. Ambil Penyedap rasa

Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan. Menu olahan bebek goreng juga disukai pecinta kuliner. Satu di antaranya adalah bebek hitam khas Madura, Jawa Timur. Dinamakan bebek hitam karena diolah dari bumbu yang berwarna hitam.

Cara membuat Bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga):
  1. Cuci bersih daging bebek.. lumuri dengan jeruk nipis dan garam lalu simpan di freezer selama 30 menit
  2. Setelah 30 menit keluarkan bebek dan rebus di air mendidih.. kemudian Blender semua bumbu halus.. sambil menunggu air rebusan bebek mendidih, tumis bumbu halusnya sampai harum lalu masukkan air kelapa.. setelah air rebusan mendidih, angkat bebek dan pindahkan ke rebusan air kelapa + bumbu halus.. bumbui dan koreksi rasa.. tdk perlu dikasih gula karena air kelapa sudah manis.. tutup rapat.. tnggu proses ungkep sampai kurang lebih 1,5 jam.. beginilah kira2 hasil ungkep..
  3. Sisa bumbu ungkep diberi minyak sedikit lalu di aduk2 sampai berubah warna menjadi hitam..
  4. Kupas mangga, lalu parut.. atau boleh juga dipotong2 memanjang sebesar korek api.. lalu siapkan cabe domba dan bawang putih 1 siung.. ulek cabe dan bawang putih tsb bumbui hanya dgn garam.. setelah lumat, masukkan mangga.. aduk2, setelah itu siram minyak panas.. goreng bebek, siram bumbu hitam.. selamat menikmati

Tapi soal rasa, bebek hitam bikin kamu ketagihan. Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli, sebab kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Bebek salah satu bahan dasar masakan yang tidak pernah gagal membangkitkan selera makanan. Salah satu hidangan yang paling digemari bebek goreng hitam Madura. Hidangan bebek goreng hitam Madura pastinya menggoyang lidah Anda.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bebek bumbu hitam khas madura & sambel pencit (sambel mangga) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved