Cara Gampang Menyiapkan Bebek Madura Sambal Hitam Anti Gagal

Jesse Ellis   13/09/2020 09:34

Bebek Madura Sambal Hitam
Bebek Madura Sambal Hitam

Sedang mencari ide resep bebek madura sambal hitam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bebek madura sambal hitam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bebek madura sambal hitam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bebek madura sambal hitam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

RESEP ASLI BUMBU BEBEK HITAM MADURA & SAMBEL BEBEK NYA Bumbu ini adalah bumbu bebek hitam khas Madura. Selain untuk bebek bumbu ini juga bisa untuk bumbu aya. LENGKAP DENGAN SAMBAL PEDAS Bumbu bebek hitam khas Madura, bumbu ini juga bisa untuk bumbu ayam Simak videonya agar kalian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bebek madura sambal hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Bebek Madura Sambal Hitam memakai 22 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bebek Madura Sambal Hitam:
  1. Ambil 2 ekor bebek
  2. Sediakan 100 gram bawang merah
  3. Ambil 70 gram bawang putih
  4. Sediakan 10 buah kemiri (sangrai)
  5. Sediakan 5 lembar daun salam
  6. Gunakan 7 lembar daun jeruk
  7. Ambil 1 buah jeruk nipis
  8. Sediakan 10 batang serai
  9. Siapkan 50 gram jahe (iris sedang)
  10. Gunakan 150 gram lengkuas (iris sedang)
  11. Ambil 1 buah biji pala
  12. Gunakan 20 gram ketumbar
  13. Sediakan 1 sdm jinten
  14. Ambil 1 sdt lada hitam
  15. Sediakan 1 sdt lada putih
  16. Ambil 1 buah kluwek
  17. Sediakan 2 bungkus kaldu bubuk
  18. Siapkan 2 sdm garam
  19. Sediakan 100 gram cabe rawit
  20. Siapkan 250 gram cabe keriting
  21. Siapkan 400 ml air
  22. Ambil 250 gram Bawang Goreng

Hidangan bebek goreng hitam Madura pastinya menggoyang lidah Anda. Tiriskan dan hidangkan sesuai selera (lauk boleh apa saja, mau bebek, ayam, ikan, tempe tahu goreng semuanya mantap) C. Berikut Kami sajikan video cara membuat sambal hitam di bawah ini. Resep bebek madura hitam asli Bahan bahan Resep Bebek Madura Bumbu Hitam Asli.

Cara membuat Bebek Madura Sambal Hitam:
  1. Cuci bebek yang sudah di potong,bersihkan bolu halus yang masih menempel.lalu beri perasan jeruk nipis lalu diamkan sembari menyiapkan bumbu-bumbu yang lainnya.
  2. Haluskan bawang merah,bawang putih,dan kemiri yang sudah di sangrai. Haluskan juga cabe rawit dan cabe keritingnya.
  3. Sangrai jinten,pala,ketumbar,lada hitam dan lada putih hingga matang. Lalu haluskan bahan yang sudah di sangrai dengan tambahan kluwek.
  4. Iris tipis-tipis serai lalu tumbuk hingga halus. Haluskan juga menggunakam blender irisan jahe dan lengkuas.
  5. Siapkan presto lalu isi dengan air 400ml lalu tambahkan daun jeruk,daun salam, kaldu bubuk, garam,dan bumbu-bumbu yang telah di haluskan tadi kecuali cabe rawit dan keriting. Presto selama 10 menit dihitung dari presto berbunyi. Masak dengan api besar
  6. Tiriskan bebek dalam wadah, lalu pindahkan bumbu dari presto ke dalam wajan.(Masak dengan api sedang) lalu Masukan cabe yang sudah di haluskan. Masak hingga airnya habis, aduk aduk hingga sambal berubah warna, setelah itu matikan kompor lalu masukan bawang goreng,aduk kembali hingga merata.pindahkan sambal ke dalam wadah
  7. Goreng bebek dengan api sedang, hingga warnanya kuning kecoklatan dan kulitnya crispy,tiriskan bebek dari minyak. Bebek madura sambal hitam siap disajikan selagi hangat!

Bumbu hitam yang ditabur di atas potongan bebek cukup besar selalu jadi andalan warung kaki lima ini. Belum lagi sambal yang pedas dan gurihnya sanggup bikin nagih. Jakarta - Ciri khas bebek goreng Madura terletak pada bumbu kental berwarna cokelat. Di kawasan Sarinah, Jakpus ada nasi bebek Madura yang terkenal enak dan murah meriah. Nasi Bebek Bumbu Hitam Pedas Khas Madura Resep Nasi Bebek Sambal Hitam Khas Madura.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bebek madura sambal hitam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved