Resep Ayam Betutu Anti Gagal

Hallie Little   19/06/2020 02:39

Ayam Betutu
Ayam Betutu

Lagi mencari inspirasi resep ayam betutu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

In Bali, ayam betutu (or it's more upmarket cousin - bebek betutu) is a real treat. People often make it for special days or temple ceremonies in the same way people might roast a bird on a Sunday in the UK or the US. By wrapping the chicken in banana leaves, the moisture is kept in and the meat doesn't dry out.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam betutu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam betutu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam Betutu menggunakan 19 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Betutu:
  1. Ambil 1 kg ayam bagian paha atas dan paha bawah jadi satu
  2. Ambil secukupnya Air
  3. Ambil secukupnya Minyak goreng
  4. Ambil Bahan Bumbu Halus :
  5. Ambil 1 sdm ketumbar
  6. Gunakan 4 butir kemiri
  7. Siapkan 1 ruas kunyit
  8. Siapkan 10 buah cabe rawit merah
  9. Ambil 1 sdm terasi
  10. Gunakan 2 sdt merica
  11. Sediakan Bahan Bumbu Cincang :
  12. Siapkan 6 siung bawang merah
  13. Gunakan 4 siung bawang putih
  14. Ambil 1 ruas jahe
  15. Gunakan 3 batang sereh
  16. Ambil 10 buah cabe rawit merah
  17. Ambil secukupnya Garam
  18. Ambil secukupnya Gula pasir
  19. Sediakan secukupnya kaldu bubuk

Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Authentically, chicken betutu was cooked by smothering and filling whole chicken with seasoning. And then, the chicken was wrapped in banana leaf, put into a hole in the ground and covered by rice husk charcoal and cooked for hours. Today, however, there are modification in the way of cooking chicken betutu.

Cara menyiapkan Ayam Betutu:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang lalu masukan bumbu yang di cincang tumis sampai harum dan matang
  2. Masukan ayam yg sudah di bersihkan tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk aduk sampai merata
  3. Tambahkan air sampai menutupi ayam, ungkep dengan menggunakan api kecil masak sampai ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap tapi kuah jangan sampai kering ya paling enak masih ada sedikit kuahnya
  4. Cek rasa angkat dan sajikan untuk keluarga tercinta ❤

People use oven instead rice husk. Ayam betutu tradisional dimasak dengan cara yang unik nan rumit, serta memakan waktu yang panjang. Tradisi mengolah betutu secara tradisional adalah ayam utuh dilapisi daun pinang lalu diberi bara sekam atau dikubur dalam tanah dengan bara sehingga menghasilkan temperatur panas tertentu. Kalau ingin membuay ayam betutu dengan cara modern, ikuti resep dan tipsnya berikut ini. Resep Ayam Betutu - Bali merupakan pulau penuh kekayaan baik dari alamnya, kebudayaan, penduduk yang beragam, dan juga bidang kulinernya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Betutu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved