Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali yang Enak Banget

Jeffery McBride   21/11/2020 17:59

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali
Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Lagi mencari inspirasi resep ayam betutu khas gilimanuk bali yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu khas gilimanuk bali yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Selamat datang di Website rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk, menu utama kami adalah Ayam Betutu, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagain masyarakat Bali. Selain menu andalan kami yaitu ayam betutu dan bebek betutu, yang merupakan ciri dari rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk, kami juga menyediakan aneka masakan lainnya, sperti. Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali - Betutu merupakan salah satu hidangan khas Bali yang menggunakan ayam atau bebek sebagai bahan utamanya, lalu diberi bumbu khas Betutu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu khas gilimanuk bali, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam betutu khas gilimanuk bali enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam betutu khas gilimanuk bali sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali memakai 16 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung
  2. Siapkan Bumbu kasar:
  3. Sediakan 100 gram bawang merah
  4. Gunakan 6 siung bawang putih
  5. Ambil 15 buah cabe rawit merah
  6. Sediakan 1 ruas lengkuas
  7. Ambil 3 ruas kencur
  8. Sediakan 1 ruas jahe
  9. Gunakan 3 batang sereh
  10. Gunakan Bumbu halus:
  11. Sediakan 1 ruas kunyit
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar
  13. Gunakan 2 butir kemiri
  14. Siapkan 15 buah cabe rawit merah
  15. Sediakan 1 sdt Terasi (optional) me skip
  16. Siapkan Gula garam dan penyedap rasa

Recipe by Xanderskitchen 😊 sering banget bolak balik Bali dan hampir tiap hari kalau disana kepengen makan ayam betutu ini yang sangat khas disana selain nasi campur tentunya. hehe jangan pelit bumbu yah say. karena menu ini kudu medok hehe Aku biasa makan. Menu Khas Bali Ayam Betutu Gilimanuk. Hampir setiap daerah di pulau Bali memiliki ciri khas tersediri dari masakan ayam betutu, hanya saja yang paling terkenal adalah masakan ayam betutu dari daerah Gilimanuk. Daerah Gilimanuk adalah sebuah kelurahan yang ada di Bali bagian barat, tepatnya di kecamatan Melaya, kabupaten Jembrana-Bali..

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali:
  1. Siapkan bahan-bahan nya..
  2. Masukan bumbu kasar dalam choper tupparware. atau boleh juga diiris kasar. kemudian potong-potong sereh bagian putihnya saja.
  3. Masukan potongan sereh dan bumbu kasar dalam mangkuk. kemudian masukan bumbu halus pada blender dan haluskan. satukan semua bumbu dalam mangkuk. siapkan minyak untuk menumis.
  4. Tumis semua bumbu sampai harum, masukan gula garam dan penyedap di awal biar ga terlalu banyak aduk-aduk ayam yang mengakibatkan kulit ayam hancur. masukan ayam aduk rata.
  5. Beri air sampai ayam terendam, aduk rata diamkan sampai matang. lebih enak masih ada kuahnya. koreksi rasa. angkat dan sajikan.
  6. Sajikan dengan sambal matah, sayur rebus, dan kavang goreng.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk - Lagi cari Makanan Khas Bali Halal yang Enak dan Murah ? jika iya, inilah Review Makanan Tradisional Ayam Betutu di Denpasar dan Kuta juga Dekat Krisna seperti Warung Pak Man lengkap Harga, Cara Membuat & Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Hi sahabat traveler's, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bali, yang kali ini akan mengulas salah. Setiap daerah di Bali memiliki gaya masakan betutu, tetapi paling terkenal adalah betutu khas Gilimanuk. "Kalau kita lihat di Bali bebek atau ayam betutu itu sangat pekat asal muasalnya dengan wilayah Gianyar wilayah Ubud, Bali sana," jelas Sejarawan Kuliner Fadly Rahman dalam tayangan "Tradisi Asli Nusantara: Ayam Betutu" dari akun YouTube. Sajian ayam khas Bali ini bisa dimasak dengan cara modern yang lebih praktis tanpa mengurangi kelezatannya. Bumbu komplet bikin ayam ini makin sedap.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved