Cara Gampang Membuat Ayam Betutu Judes, Lezat

Lois Adkins   15/07/2020 04:20

Ayam Betutu Judes
Ayam Betutu Judes

Sedang mencari ide resep ayam betutu judes yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam betutu judes yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu judes, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam betutu judes enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Ayam betutu kemudian disajikan dengan cara dibelah pada bagian perut hingga daerah tempat tembolok, kemudian kedua belah dada ditarik ke samping. Satu paket ayam betutu biasanya dihidangkan bersama dengan sambal matah, kacang dan sayur. Lihat juga resep Ayam Betutu enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam betutu judes yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Betutu Judes memakai 15 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Betutu Judes:
  1. Ambil 1 ekor utuh ayam negri (tanpa kpla n ceker)
  2. Siapkan 5 lmbr daun jeruk
  3. Ambil 3 ruas lengkuas muda (cincang kasar)
  4. Ambil 3 ruas jahe (cincang kasar)
  5. Ambil 3 ruas kencur (cincang kasar)
  6. Ambil 10 butir bawang merah (cincang kasar)
  7. Siapkan 8 butir bawang putih (cincang kasar)
  8. Sediakan 1 gengam cabe rawit (cincang kasar)
  9. Siapkan 5 batang serai (cincang kasar)
  10. Sediakan 1 sdm ketumbar butiran (haluskan)
  11. Sediakan 1 ruas kunyit (haluskan)
  12. Sediakan 1 genggam cabe rawit (haluskan)
  13. Gunakan 1 ruas terasi (haluskan)
  14. Gunakan 1500 ml air
  15. Siapkan Garam, gula, kaldu jamur (secukupnya)

Bumbunya yang meresap serta tekstur daging ayam yang empuk membuatnya jadi lezat. Hidangan khas Bali ini menggunakan banyak bumbu rempah, diantaranya adalah lengkuas, kunyit, dan kencur. Mw k Bali sekedar makan ayam betutu kok ya gmnaaa gitu. Akhirnya nemu resep d YT dgn sedikit perubahan yg sesuai ma lidah q.

Langkah-langkah membuat Ayam Betutu Judes:
  1. Potong ayam jadi 4 bagian. Cuci bersih, goreng ½ matang. Tiriskan
  2. Tumis bumbu halus, bumbu kasar dan daun jeruk smpai harum.
  3. Beri air, garam, gula, kaldu jamur. Tes rasa. Kemudian masukkan ayam. Ungkep smpai air menyusut.
  4. Siap d sajikan hangat².

Alhasil nih, suami dan anak² pada sukak. Dan pas q post d status WA, bnyak yg ord. Ayam Betutu Khas Gilimanuk Jakarta; Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Rawamangun; Dapatkan Menu, Ulasan, Kontak, Lokasi, Nomor Telepon, Peta dan lainnya untuk Ayam Betutu Khas Gilimanuk Restoran di Zomato Suamiku malah request kapan-kapan aku buat daun singkongnya aja bumbu ayam betutu.hihi. Okeh.kapan-kapan aku buat gitu.enak kali ya.pepes daun singkong bumbu betutu.:D Atau aku punya ide lain.setelah di lumuri bumbu ayam di panggang di oven kali ya.pasti lebih sedep, bumbu dan ayam nggak kena uap air, sari kaldu alami ayam keluar. Ayam Betutu Khas Gilimanuk tak bisa dilewatkan saat ingin menikmati sajian betutu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Betutu Judes yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved