Cara Gampang Membuat Ayam Betutu Goreng yang Sempurna

Gavin Maxwell   19/07/2020 09:20

Ayam Betutu Goreng
Ayam Betutu Goreng

Lagi mencari inspirasi resep ayam betutu goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam betutu goreng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam betutu goreng yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

KOMPAS.com - Betutu merupakan cara masak khas Bali. Daging ayam atau bebek dimasak sampai airnya habis tetapi tidak sampai kering, masih ada kuahnya. Secara tradisional cara membuat ayam betutu dibungkus daun pinang, lalu dimasak dalam sekam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam betutu goreng sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Betutu Goreng menggunakan 17 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Betutu Goreng:
  1. Sediakan 750 gram ayam
  2. Siapkan 1 buah jeruk lemon
  3. Sediakan 2 batang serai
  4. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  5. Gunakan 1 ikat daun kemangi
  6. Sediakan secukupnya Garam, kaldu bubuk, merica dan gula pasir
  7. Ambil 150 ml air
  8. Siapkan secukupnya Minyak untuk menggoreng
  9. Ambil Bumbu yang dihaluskan:
  10. Ambil 15 siung bawang merah
  11. Sediakan 5 siung bawang putih
  12. Ambil 3 buah cabe merah
  13. Ambil 6 buah cabe rawit hijau
  14. Sediakan 5 buah kemiri
  15. Sediakan 2 cm kunyit
  16. Gunakan 2 cm kencur
  17. Sediakan 1/2 sdt terasi sangrai

Resep Ayam Betutu Goreng Sumber Gambar: Easy Food Recipe. Selanjutnya, ada resep ayam betutu goreng yang sangat sederhana namun tetap penuh rasa. Resep ini sangat mudah dan bisa dinikmati semua orang sebagai pendamping sempurna nasi hangat. Salah satu kuliner khas Bali yang cukup populer namanya adalah ayam betutu, baik itu ayam betutu kuah maupun ayam betutu goreng.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Betutu Goreng:
  1. Bersihkan ayam, lalu lumuri dengan air perasan jemur lemon dan garam, diamkan 15 menit.
  2. Haluskan bumbu. Iris serong batang serai dan petik daun kemangi. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan daun kemangi, daun jeruk dan serai aduk hingga rata.
  4. Masukkan ayam dan air. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, merica dan gula pasir secukupnya. Koreksi rasa.
  5. Masak hingga airnya menyusut. Angkat dan pisahkan ayam dengan bumbunya. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Angkat dan titiskan.
  6. Siram sisa bumbu. Dan ayam betutu goreng siap disajikan.

Ayam betutu biasanya dibuat dari ayam jantan utuh atau bebek. Setelah itu disajikan bersama pelengkap seperti lawar pegagan, sambal matah, kacang goreng, dan atau plecing kangkung. Beberapa resep ayam betutu di atas dapat Anda coba di rumah untuk menambah kreasi menu masakan keluarga. Tentunya dengan menu yang bervariasi akan menambah selera makan. Kumpulan beberapa resep ayam betutu di atas juga mudah untuk dipraktekkan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Betutu Goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved