Resep 172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih Anti Gagal

Chris Castro   04/09/2020 02:15

172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih
172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih

Sedang mencari inspirasi resep 172 terong bakar kuah santan sedap gurih yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 172 terong bakar kuah santan sedap gurih yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 172 terong bakar kuah santan sedap gurih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan 172 terong bakar kuah santan sedap gurih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Resep 'terong kuah santan' paling teruji. Terong bakar Bumbu Santan bahan bahan -terong ungu di bakar sampai mpuk -ikan teri medan - cabe rawit hijau -daun salam. Kuah santan yang melengkapinya pun akan membuat hidangan sayur terasa lebih gurih.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat 172 terong bakar kuah santan sedap gurih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan 172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih menggunakan 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan 172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih:
  1. Ambil 2 buah Terong hijau (sekitar 400 gram)
  2. Siapkan 100 gram Kelapa parut
  3. Siapkan 200 ml Air hangat (1 gelas belimbing)
  4. Sediakan Bumbu Sambel:
  5. Sediakan 5 siung Bamer (Bawang merah)
  6. Sediakan 5 buah Cabe rawit merah
  7. Gunakan 3 buah Cabe kriting merah
  8. Gunakan 1/2 bungkus kecil Terasi udang ABC
  9. Gunakan 1/4 sdt Garam
  10. Gunakan 1/4 sdt Gula pasir

Salah satu kuah makan khas Banjar yang maknyus adalah tarung (terong) babanam (dibakar) Bakuah (berkuah) Santan. Sebagai kuah makan tentunya sangat sedap, rasanya yang gurih akan menambah selera makan dan membuat ketagihan. Penyet terong sampai agak hancur bentuknya. Masukkan terong ke kuah santan dan masak sebentar.

Langkah-langkah menyiapkan 172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih:
  1. Cuci bersih Terong hijau, lalu lap hingga kering. Kemudian potong Terong hijau menjadi dua bagian, lalu bakar di wajan teflon hingga matang. Setelah matang, angkat. Tunggu dingin, kupas kulit Terong lalu suwir-suwir.
  2. Sementara membakar Terong, haluskan semua bahan Bumbu Sambel. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam suwiran Terong.
  3. Campurkan Kelapa parut dengan Air hangat, lalu remas-remas hingga menjadi santan. Saring santan dan tuang ke dalam campuran suwiran Terong dan Bumbu sambel. Aduk rata. Tes rasa.
  4. Terong Bakar Kuah Santan pun siap disantap. Selamat mencoba yaa :)

Tuang santan kedalam bumbu dan diamkan sampai mendidih sambil diaduk-aduk Masukkan pare kedalam bumbu dan tunggu sampai setengah matang Memasak olahan terong salah satunya dibuat terong hijau bakar sambal pecak. Sedangkan pecak adalah olahan terong khas Betawi dan Banyumas gabungan penyet dan kuah santan. Ikan lele dibakar atau digoreng kemudian disiram kuah santan dengan bumbu cabai dan kemiri yang gurih. Kombinasi daging dan kuah santan yang panas akan membuat lidah Mama bersemangat menyantapnya hingga tandas. Taburan emping yang kriuk dengan rasa gurih dan agak pahit juga menambah kekayaan rasa pada soto betawi, Ma.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 172 Terong Bakar Kuah Santan Sedap Gurih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved