Resep Opor Ayam Kampung dan Telur, Bikin Ngiler

Evelyn Rogers   11/10/2020 05:17

Opor Ayam Kampung dan Telur
Opor Ayam Kampung dan Telur

Anda sedang mencari ide resep opor ayam kampung dan telur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung dan telur yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kali ini Anda membuat sendiri opor ayam dan telur yang nikmat dan sedap di rumah. Berikut resep opor ayam telur yang bisa Anda coba. Lihat juga resep Opor ayam kampung telur bebek enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung dan telur, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung dan telur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat opor ayam kampung dan telur sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Kampung dan Telur menggunakan 20 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam Kampung dan Telur:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung potong 8 bagian
  2. Siapkan 5 butir telur ayam, rebus kupas kulitnya
  3. Sediakan 700 ml santan sedang
  4. Siapkan 200 ml santan kental
  5. Gunakan 2 batang sereh geprek
  6. Siapkan 4 lbr daun jeruk
  7. Siapkan 2 lbr daun salam
  8. Sediakan 3 cm lengkuas geprek
  9. Ambil secukupnya Garam, dan kaldu bubuk
  10. Siapkan 1 keping gula jawa (sesuaikan selera manisnya)
  11. Gunakan Secukupnya air
  12. Siapkan Secukupnya minyak utk menumis
  13. Sediakan Bumbu halus:
  14. Ambil 4 buah bawang merah
  15. Ambil 8 siung bawang putih
  16. Siapkan 1/4 sdt merica
  17. Siapkan 1 sdt ketumbar
  18. Gunakan 1 ruas kunyit
  19. Ambil 3 butir kemiri
  20. Siapkan 3 cm jahe

Dilansir dari Kompas.com, telur ayam kampung dianggap lebih sehat dikonsumsi daripada telur ayam ras. Mengutip laman Sehatq, ada beberapa pemahaman yang salah kaprah terutama tentang manfaat telur ayam kampung. Bagi yang khawatir kolesterol bakal naik jika mengkonsumsi telur ayam kampung, sebaiknya jangan dulu berburuk sangka pada telur yang dihasilkan oleh ayam pemakan serangga, biji-bijian, maupun tanaman, dan semua yang serba alami ini. Namun, salah kaprah telur ayam kampung juga masih banyak dipercaya orang.

Cara menyiapkan Opor Ayam Kampung dan Telur:
  1. Rebus ayam kampung bersama air sampai cukup empuk. Setelah itu angkat. Tiriskan
  2. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, sereh, daun jeruk dan daun salam sampai harum, kemudian masukkan ayam. Aduk rata. Tambahkan secukupnya air. Beri gula jawa dan garam.
  3. Masak dan ungkep dulu sampai ayam empuk dan bumbu meresap. - Setelah cukup empuk dan air menyusut, masukkan santan sedang. Tambahkan telur rebus. Sesekali aduk2 agar santan tidak pecah. - Terakhir tambahkan santan kental. Beri kaldu bubuk. Masak kembali

Bau amis yang cukup menyengat di telur ayam kampung merupakan salah satu alasan orang enggan mengonsumsinya. Tapi, tahukah anda kalau telur ayam kampung memiliki banyak manfaat. Seperti meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan masih banyak lagi. KANDUNGAN ALBUMIN DAN ORGANOLEPTIK TELUR AYAM LEGHORN DAN AYAM KAMPUNG SETELAH PENAMBAHAN. EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam kampung dan telur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved