Resep Kue Lapis (Pepe) Fantasi, Lezat

Mattie Sherman   13/07/2020 10:20

Kue Lapis (Pepe) Fantasi
Kue Lapis (Pepe) Fantasi

Anda sedang mencari inspirasi resep kue lapis (pepe) fantasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lapis (pepe) fantasi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Inilah cara agar kamu bisa membuat olahan ini. Masak santan, air, gula pasir dan daun jeruk, lalu dinginkan. Kue lapis is an Indonesian kue, or a traditional snack of steamed colourful layered soft rice flour pudding.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lapis (pepe) fantasi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kue lapis (pepe) fantasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue lapis (pepe) fantasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Lapis (Pepe) Fantasi menggunakan 9 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kue Lapis (Pepe) Fantasi:
  1. Siapkan 125 gr tepung tapioka
  2. Sediakan 125 gr terigu segitiga biru
  3. Sediakan 1/2 sdt vanili bubuk
  4. Sediakan 1/4 sdt garam
  5. Sediakan 125 gr gula pasir
  6. Ambil 600 ml santan (65 ml santan instan+air)
  7. Ambil 1 sdm kismis utk hiasan
  8. Gunakan 1/2 sdt pasta coklat
  9. Ambil 1/2 sdt pasta pandan

Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal yang biasanya memiliki warna yang menarik dan berbeda yang disusun dengan berlapis. Blog Diah Didi berisi resep masakan praktis yang mudah dipraktekkan di rumah. Kue lapis kopi moka. foto: Instagram/@resepsnack. Kue lapis beras disebut juga kue pepe di masyarakat Betawi.

Langkah-langkah membuat Kue Lapis (Pepe) Fantasi:
  1. Tepung tapioka, terigu, vanili garam aduk rata, gula larutkan dgn 50 ml air asal larut tdk perlu mendidih, tambahkan sisa air dan santan aduk rata. Campur semua bahan, aduk dan saring.
  2. Panaskan panci kukusan, cetakan oles minyak goreng (wajib ya), tata di dlm panci, tutup panci atasnya beri kain serbet. Bagi adonan sama jmlnya sesuai warna yg diinginkan, 1 mangkok beri pasta pandan, 1 mangkok pasta coklat, 1 mangkok warna putih
  3. Tuang adonan hijau di cetakan 1 sdm, tiap habis menuang lapisan tutup panci kukusan @5 mnt/tekan permukaan atasnya pakai ujung sendok jika sdh padat lanjut tuang adonan warna putih, tutup panci @5 mnt lagi dst…selang seling, lakukan hingga penuh cetakan, kemudian di lapisan terakhir tutup panci bentar, jika sdh agak keras dikit beri kismis agak ditekan ke dalam utk hiasan, selanjutnya kukus 15 mnt utk mematangkan kue.
  4. Lepaskan kue dari cetakan saat sdh dingin, kalo masih panas lengket, jika dikukus di loyang potong kue saat sdh dingin pakai spatula plastik/pisau yg dibungkus plastik….enjoy..

Orang Malaysia, Singapura, dan Brunei yang juga familiar dengan kue ini menyebutnya "kueh lapis". Seperti namanya, kue lapis memiliki banyak lapisan dengan minimal dua warna berbeda yang diselang-seling. Sajian kue pepe lapis ini memang sudah sangat umum di sajikan untuk menyambut hari raya lebaran. Biasanya untuk cemilan saat berkumpul bersama keluarga, kerabat maupun tamu yang berkunjung ku rumah. Namun dengan keunikan rasa kue pepe lapis yang begitu kenyal, banyak masyarakat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue lapis (pepe) fantasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved